Restoran Ini Pakai Bahan Buangan Supermarket

VIVAlife - Banyak orang yang mencari restoran yang menyajikan hidangan dari bahan-bahan berkualitas. Itu sebabnya banyak restoran berlomba-lomba mencari bahan-bahan segar untuk memasak hidangan lezat bagi pelanggannya. Namun, tidak demikian dengan restoran yang satu ini.

Ya, sebuah restoran yang menyajikan hidangan terbuat dari bahan makanan buangan supermarket telah dibuka di Kopenhagen, Denmark. Seperti dilansir laman News.com.au, restoran tersebut dibuka karena banyaknya masyarakat Denmark yang menganut gaya hidup freegans. Untuk diketahui freegans merupakan gaya hidup mengonsumsi makanan tak peduli kesegarannya agar tidak mubazir.

"Kami pernah bekerja di restoran dan supermarket. Kami melihat seberapa banyak bahan makanan yang dibuang dan kami ingin berbuat sesuatu mengenai hal itu," ucap salah seorang pendiri restoran, Sophie Sales.

Walaupun begitu restoran yang dinamakan Rub og Stub tersebut juga tidak sembarangan memilih bahan makanan yang telah dibuang. Mereka hanya memakai bahan-bahan yang dibuang oleh supermarket dan mereka menolak disebut memasak menggunakan bahan yang telah menjadi sampah.

"Ini cukup berat karena kami benar-benar menciptakan sebuah konsep baru," tambah Sales.

Restoran yang terletak di pusat kota Kopenhagen tersebut saat ini dikelola oleh para sukarelawan dan keuntungan yang didapat akan disumbangkan ke tiga badan amal di Sierra Leone. Untuk mempermudah mencari bahan makanan buangan, mereka juga bekerja sama dengan dua supermarket terbesar di Denmark yang saat ini merupakan donatur bahan makanan.

Menurut Sales, bahan makanan buangan yang paling banyak dibuang dari supermarket dan didonasikan kepada restoran tersebut antara lain daging domba, daging bebek, buah-buahan dan produk susu.

"Jika kami mendapatkannya di hari terakhir sebelum batas kadaluarsa, kami bisa menaruhnya di lemari pendingin atau langsung memasaknya," ujar Sales.

Akibat persediaan bahan makanan yang tidak menentu tergantung dari apa yang dibuang oleh supermarket, maka menu hidangan di restoran ini berubah setiap harinya. Beberapa menu yang telah dihidangkan antara lain pasta, muffin, es krim dan sebagainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us