Saham Eropa Jatuh Diikuti Mata Uang Emerging-Market

Saham Eropa jatuh, seiring perusahaan produsen mobil dan sektor ritel yang mengikuti penurunan, serta kenaikan pada suku bunga bank sentral Turki yang gagal untuk mendukung mata uang emerging-market.
Fiat SpA turun 4,1 persen setelah membukukan laba yang meleset dari perkiraan analis. Nordea Bank AB kehilangan 2,3 persen setelah chief eksekutif mengatakan akan perlu untuk mengurangi lebih banyak pekerjaan untuk menyesuaikan diri dengan pertumbuhan yang melambatt. Mulberry Group Plc anjlok 27 persen setelah mengatakan laba setahun penuh sebelum pajak yang akan menghilangkan perkiraan pasar. Anglo American Plc naik sebanyak 5,7 persen setelah mengatakan produksi platinum kuartal keempatnya naik 25 persen.

Indeks Stoxx Europe 600 turun 0,6 persen ke level 322,38 pada penutupan perdagangan, memangkas kerugian sebelumnya sebanyak 1,5 persen. Indeks telah melonjak sebanyak 1,2 persen setelah bank sentral Turki menaikkan suku bunganya.
Indeks VStoxx, sebuah indeks yang mengukur ekspektasi volatilitas indeks Stoxx 50 Euro, melonjak 9,2 persen menjadi 21,81, level tertinggnyai sejak 9 Oktober. Volume saham yang ditrasaksikan di Stoxx 600 perusahaan adalah 42 persen lebih besar dari rata-rata 30 hari terakhir, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.(yds)

Sumber: Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us