Emas Turun 1% Akibat Membaiknya Ekonomi AS

Emas turun sebesar 1% di hari Kamis ini, berada di bawah level  $1,300 per ounce untuk pertama kalinya sejak pertengahan-Februari lalu, akibat membaiknya pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal keempat yang mempengaruhi permintaan logam mulia sebagai tempat lindung nilai.

Naiknya dollar dan kelemahan teknikal setelah bullion menembus batas support $1,300 per ounce dan pergerakan rata-rata selama 200 hari berada pada level $1,296 per ounce juga memicu penjualan emas , menurut para broker.

Pertumbuhan ekonomi AS yang naik dari perkiraan sebelumnya di kuartal keempat dan turunnya klaim pengangguran  telah mengakibatkan emas turun ke level 4 bulan terendahnya, mengisyaratkan bahwa ekonomi AS memiliki cukup momentum guna bangkit dari buruknya cuaca musim dingin lalu.

Emas turun 0.9% ke level $1,291.56 per ounce pukul 3:06 sore EDT (19:06 GMT), setelah sebelumnya menyentuh level $1,288.80, yang merupakan level terendah dalam 6 pekan terakhir.

Emas berjangka Comex AS untuk pengiriman bulan April diselesaikan turun sebesar $8.70 berada pada level $1,294.70 per ounce.

Volume perdagangan sebesar 65% diatas 30 hari rata-rata, didorong oleh rollover kontrak bulan April-Juni.

Kepemilikan pada reksadana emas terbesar di dunia yang diperdagangakan di bursa, SPDR Gold Trust, turun pada sesi kedua secara berturut-turut, turun sebesar 1.8 ton menjadi 816.97 ton pada hari Rabu. (bgs)

Sumber : Reuters

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us