G-7 Ancam Russia Dengan Sanksi

Negara-negara maju mengancam akan memberikan sanksi guna mencegah Kremlin dari upayanya untuk menginvasi wilayah Ukraina lainnya dan memboikot pertemuan G-8 (Group of Eight) yang akan dipimpin oleh Presiden Vladimir Putin.

Pertemuan untuk pertama kalinya sejak aneksasi (pencaplokan) Crimea pekan lalu oleh Russia, para pemimpin G-7 (Group of Seven) menyatakan bahwa mereka tidak akan menghadiri pertemuan G-8 yang diadakan di Sochi dan sebagai gantinya akan mengadakan pertemuan di Brussels bulan Juni mendatang.

œKami akan tetap melakukan upaya yang intensif seperti sanksi sektoral yang memberikan dampak signifikan pada ekonomi Russia, jika Russia memicu ketegangan kembali, menurut hasil pertemuan G-7 pada hari di Den Haag.

Kedua belah pihak dalam krisis Ukraina melewati hari dengan kalkulasi apa yang akan dilakukan selanjutnya, dengan konsolidasi Russia yang mengendalikan Crimea dan penempatan pasukan militer sepanjang perbatasan Ukraina telah memasuki konfontrasi yang sangat serius  antara Moscow, AS dan sekutunya sejak runtuhnya era Uni Soviet.

œKita bersatu dalam menerapkan sanksi kepada Russia, menurut Presiden Barack Obama yang menyatakan kepada para wartawan di Amsterdam hari ini ketika mengawali kunjungan 6 hari termasuk pertemuan keamanaan nuklir di Den Haag dan pertemuan dengan kepala Uni Eropa di Brussels. (bgs)

Sumber : Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us