Outlook Kredit Rusia di Pangkas Oleh Fitch Terkait Sangsi Amerika, Uni Eropa

Outlook peringkat kredit Rusia dipangkas dari stabil menjadi negatif oleh Fitch Rating, mengutip potensi pengaruh perlambatan ekonomi karena penerapan sangsi dari pihak Barat pasca pencaplokan wilayah Crimea dari Ukraina.

Langkah Fitch ini mengikuti keputusan dari Standard & Poor™s untuk merubah outlook kredit Rusia menjadi negatif. Kedua lembaga pemeringkat itu menegaskan peringkat kredit bekas Uni Soviet itu di BBB, peringkat investasi terendah kedua.

Pemangkasan ini muncul setelah para pemimpin Uni Eropa menambahkan 12 nama dari orang-orang Rusia dan Ukraina yang mendapatkan pembekuan asset dan pelarangan. Presiden Amerika, Barack Obama kemarin memerintahkan sangsi financial bagi milyuner yang berkoalisi dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin dan mengesahkan pinalti langsung yang ditujuan untuk ekonomi Rusia. Intervensi Rusia di semenanjung Crimea telah memicu perselisihan dengan pihak Barat pasca perang dingin.

Bahkan sebelum Amerika dan Uni Eropa mengumumkan sangsi, ekonomi Rusia memang telah menunjukan tanda-tanda œkrisis, ungkap Deputi Kementerian Ekonomi Sergei Belyakov pada 17 Maret lalu. S&P menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Rusia menjadi 1.2% tahun ini. (brc)

Sumber : Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us