AS-Jepang Mencapai Terobosan Baru Terkait Kesepakatan Perdagangan

Para pejabat AS menyatakan hari ini bahwa "terobosan" telah didapat dalam pembicaraan terkait pakta perdagangan antara Amerika dengan Jepang, meski gagal meraih kesepakatan yang akan meningkatkan harapan dari kesepakatan perdagangan pan-Pasifik yang lebih luas.

Presiden Amerika Barack Obama meninggalkan Tokyo dengan tangan kosong setelah tiba pada Rabu lalu yang sekiranya berharap adanya kemajuan terkait tariff bea masuk impor mobil dan sektor pertanian Jepang yang terlalu dijaga ketat “ salah satu topik penting dalam membentuk kemitraan Trans - Pacific Partnership (TPP) dari 12 negara.

Baik Obama maupun Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe hari Kamis kemarin hanya mengatakan bahwa mereka telah menginstruksikan kepada para negosiator mereka untuk terus mencoba menemukan sebuah kesepakatan, bahkan pemimpin Amerika itu menuntut adanya "langkah berani" yang diambil Jepang.

Seorang pejabat senior AS mengatakan kepada wartawan bahwa diskusi intensif telah mendapatkan momentum baru setelah Obama dan Abe makan di sebuah restoran sushi eksklusif pada hari Rabu.
Namun pejabat itu mengatakan masih ada detail yang harus dikerjakan dan negosiasi masih akan berlanjut, tetapi pembicaraan minggu ini yang dijuluki "diplomasi sushi" oleh pers Jepang - harus dipandang sebagai "tonggak penting".

"(Kedua belah pihak) merasa ... bahwa atas dasar apa yang kami capai minggu ini, kita memiliki terobosan."

Sumber : AFP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us