Saham Perusahaan Obat Reli, Antarkan Bursa Saham AS Ditutup Menguat

Bursa saham AS menguat pada hari ke-6, penguatan berturut-turut sejak September tahun lalu, ditengah reli pada saham-saham perusahaan pembuat obat setelah lebih dari $70 miliar pada skala  global melakukan tawaran. Sementara itu, minyak catat penurunan tajam dalam lebih dari 3 bulan terakhir dan kopi naik ke level 2 tahun tertingginya.

Indeks Standard & Poor 500 menguat 0.4% ke level 1,879.55 pukul 4 sore waktu New York, membawanya pada 1% rekor penutupan sebesar 1,890.90 yang tercapai  pada 2 April lalu. Indeks Stoxx Europe 600 catat gain 1.4%. Saham Allergan Inc. melonjak 15% dan AstraZeneca Plc naik 4.7%. Minyak mentah WTI (West Texas Intermediate) tergelincir sebesar 2.4% terkait perkiraan bahwa pekan lalu pasokan AS naik. Kopi berjangka melonjak sebesar 8.3% terkait munculnya kekhawatiran kekeringan di Brazil yang akan menyebabkan kurangnya pasokan.

Adanya gelombang akuisisi pada industri farmasi telah mendorong harga-harga saham tersebut. Novartis AG menyetujui guna membeli unit bisnis dari GlaxoSmithKline Plc (GSK) sebesar $16 miliar dengan menjual mayoritas divisi vaksin kepada Glaxo dan unit kesehatan hewan kepada Eli Lilly & Co. Valeant Pharmaceuticals International Inc. menawarkan untuk membeli Allergan sebesar $45.7 miliar. Hari ini 30 perusahaan pada Indeks S&P 500 dijadwalkan akan merilis laba, sementara 121 anggota lainnya akan melaporkan menjelang akhir pekan ini. (bgs)

Sumber : Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us