Ekonomi AS Menyusut Awal Tahun Ini untuk Pertama Kali Sejak 2011

Perekonomian di AS mengalami kontraksi untuk pertama kalinya dalam tiga tahun dari bulan Januari sampai Maret pasca perusahaan-perusahaan ditambahkan ke inventori pada kecepatan yang lebih lambat dan membatasi investasi.

Produk domestik bruto AS turun pada 1 persen tingkat tahunan di kuartal pertama, penurunan terbesar dari yang diproyeksikan, setelah sebelumnya dilaporkan mengalami kenaikan sebesar 0,1 persen, Departemen Perdagangan mengatakan hari ini di Washington. Terakhir kali ekonomi menyusut dalam tiga bulan yang sama pada tahun 2011. Perkiraan rata-rata ekonom yang disurvei Bloomberg menyerukan penurunan 0,5 persen.

Kenaikan dalam penerimaan di perusahaan peritel, penguatan sektor manufaktur dan pertumbuhan tenaga kerja yang lebih cepat menunjukkan kemunduran kuartal pertama akan terbukti hanya sementara karena permintaan yang tertahan dibebaskan. Para pembuat kebijakan Federal Reserve mengatakan pada pertemuan bulan April mereka bahwa ekonomi telah menguat setelah cuaca buruk.

Proyeksi dari 79 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg untuk GDP, nilai semua barang dan jasa yang dihasilkan, berkisar dari penurunan 0,9 persen dengan keuntungan sebesar 0,7 persen. Perkiraan saat ini adalah kedua dari tiga bacaan untuk kuartal tersebut, dengan rilis final dijadwalkan pada 25 Juni mendatang.

Perusahaan meningkatkan persedian sebesar US$ 49 miliar pada kuartal pertama, kurang dari US$ 111.7 miliar dalam tiga bulan terakhir tahun 2013. Inventori dikurangi 1,62 poin persentase dari PDB dari bulan Januari sampai Maret, terbesar sejak kuartal keempat 2012. Lambatnya akumulasi inventori dapat mendorong pabrik-pabrik untuk meningkatkan produksinya harus menuntut percepatan.(frk)

Sumber : Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us