Minyak WTI Naik Terkait Penurunan Pasokan di Cushing

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik setelah stok di Cushing, Oklahoma, titik pengiriman untuk kontrak, turun untuk kali ke-16 dalam 17 minggu terakhir. Minyak Brent menguat setelah pemberontak menjatuhkan sebuah helikopter militer di timur Ukraina.

Persediaan di Cushing turun 1,53 juta barel menjadi 21,7 juta pekan lalu, yang merupakan level terendah sejak November 2008, menurut laporan Energy Information Administration (EIA). Stok nasional naik 1,66 juta barel menjadi 393 juta. Minyak Brent telah naik bulan ini akibat kekhawatiran bahwa kekerasan di Ukraina dapat mengakibatkan gangguan pengiriman minyak dan gas dari Rusia.

WTI untuk pengiriman Juli meningkat 51 sen , atau 0,5 persen, ke level US$ 103,23 per barel pada 11:06 siang di New York Mercantile Exchange. Minyak berjangka diperdagangkan di level US$ 103,06 sebelum rilis laporan pukul 11 siang di Washington. Volume semua berjangka yang diperdagangkan adalah 41 persen di bawah rata-rata 100 hari.

Brent untuk pengiriman Juli naik 55 sen, atau 0,5 persen, ke level US$ 110,36 per barel di London berbasis ICE Futures Europe. Volume adalah 15 persen lebih rendah dari rata-rata 100 hari.Laporan pasokan mingguan dari EIA ditunda selama sehari karena hari libur Memorial Day di AS pada 26 Mei.

Persediaan Cushing telah turun hampir 20 juta barel sejak leg pipa selatan Keystone XL mulai menggerakkan minyak mentah ke kilang Gulf Coast pada bulan Januari.

Persediaan nasional naik menjadi 393 juta dalam tujuh hari yang berakhir pada 23 Mei, menurut EIA, kelompok statistik Departemen Energi. Analis yang disurvei oleh Bloomberg memproyeksikan kenaikan 500.000 barel. Persediaan naik menjadi 399.4 juta barel dalam pekan yang berakhir 25 April, terbesar sejak lembaga tersebut mulai menerbitkan data mingguan sejak tahun 1982.

Produksi minyak mentah AS naik 38.000 barel per hari menjadi 8,47 juta. Output telah melonjak tahun ini pasca kombinasi dari pengeboran horizontal dan rekah hidrolik atau fracking, telah membuka pasokan terjebak dalam formasi shale, termasuk Bakken di North Dakota dan Eagle Ford di Texas.

Kilang beroperasi pada 89,9 persen dari kapasitas minggu lalu, naik 1,2 persen dari minggu sebelumnya.Stok bensin turun 1,8 juta barel menjadi 211.6 juta. Analis yang disurvei oleh Bloomberg dibagi atas apakah persediaan bahan bakar turun atau naik pekan lalu.

Brent siap untuk kenaikan bulanan kedua di tengah kekerasan separatis di Ukraina yang meletus setelah Rusia mencaplok semenanjung Laut Hitam Crimea pada bulan Maret. Ukraina menjadi jalur saluran untuk pasokan minyak dan gas alam Rusia ke Eropa.(frk)

Sumber : Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us