Optimisme Ekonomi AS, Bursa Saham Jepang Dibuka Menguat Pada Hari Ke-2


Bursa Saham Jepang menguat pada hari ke-2, Indeks Topix mencatat level 2 pekan tertingginya, akibat data inflasi AS yang menunjukkan ekonomi terbesar di dunia tersebut menghasilkan sedikit tekanan harga setelah pertumbuhan ekonomi naik.

Indeks Topix catat gain 0.2% ke level 1,275.86 pukul 9:01 pagi waktu Tokyo. Indeks Nikkei 225 Stock Average menguat 0.2% ke level 15,368.41, sementara yen bertahan pada 3 hari penurunan. Indeks harga konsumen AS Juni lalu naik 0.3% setelah kenaikan 0.4% di bulan sebelumnya, angka tersebut merilis dari Departemen Tenaga Kerja AS kemarin di Washington. Penjualan rumah bekas AS naik ke level 8 bulan tertingginya, menurut rilis terpisah.

Para investor global telah sedang mengkaji data inflasi AS guna menentukan kapan Federal Reserve akan memulai menaikkan suku bunga.

Data tersebut mendorong pandangan Ketua The Fed Janet Yellen bahwa kenaikan inflasi merupakan sementara dan ekonomi AS akan rebound dari penurunan kuartal pertama. Hal itu berarti bahwa bank sentral tetap mempertahankan suku bunga rendah hingga 2015 meskipun bank sentral melanjutkan pemangkasan pembelian obligasi.

Kemarin Indeks Topix melonjak 12% dari level terendah tahun ini yang tercatat April lalu.

Kontrak berjangka pada Indeks S&P 500 tergelincir 0.1% setelah kemarin acuan ekuitas AS naik 0.5% dengan 2 poin dari rekor tertingginya.

Hari ini deputi gubernur Bank of Japan Hiroshi Nakaso sedang berpidato pada pertemuan pemimpin bisnis, dengan data neraca perdagangan dan inflasi akan dirilis pekan ini. (bgs)

Sumber : Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us