Penurunan Produksi Industri Tekan Bursa Jepang, Yen Menguat

Saham-saham Jepang melemah, dengan indeks Topix menghentikan keuntungan kuartalan, setelah produksi industri turun dan yen menguat di tengah meningkatnya kerusuhan di Hong Kong.

indeks Topix turun 0,3 % ke level 1,333.79 pada pukul 09:01 pagi di Tokyo, dengan 25 dari 33 kelompok industri mengalami penurunan. Indeks tersebut menuju kemajuan kuartal ini sebesar 5,6 % dan mengalami gain bulan ini sebesar 4,3 %. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,4 % ke level 16,238.06. Yen menguat 0,1 % ke level 109,41 per dolar setelah kemarin turun 0,2 %.

Data hari ini menunjukkan produksi industri Jepang turun 1,5 % pada bulan Agustus dari Juli, saat naik 0,4 %. Laporan lain menunjukkan tingkat pengangguran turun menjadi 3,5 % dari 3,8 % pada bulan sebelumnya dan belanja ritel naik 1,9 % setelah turun 0,5 % pada bulan Juli.

Puluhan ribu pengunjuk rasa memenuhi jalan-jalan di Hong Kong sepanjang malam untuk menekan pemilu terbuka dan meminta pengunduran diri ketua eksekutif Leung Chun-ying. Pemimpin dari mahasiswa menetapkan batas waktu 1 Oktober untuk dipenuhinya tuntutan mereka.

Pertemuan - yang didorong oleh keputusan China bulan lalu bahwa calon untuk pemilihan kepemimpinan 2017 harus diperiksa oleh komite - menimbulkan salah satu tantangan terbesar bagi Presiden Xi Jinping yang harus dihadapi sejak ia menjadi kepala Partai Komunis dua tahun lalu. China menentang pertemuan ilegal di Hong Kong dan kegiatan yang merusak stabilitas kota, juru bicara Kementerian Luar Negeri Hua Chunying mengatakan dalam sebuah pernyataan kemarin.(frk)

Sumber : Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us