Sentimen Konsumen Jerman Catat Level 8 Thn Tertingginya

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA, Sentimen konsumen Jerman bersiap mengawali tahun baru ini dengan tren kenaikan dengan mencatat level tertingginya dalam 8 tahun terakhir, perkiraan pertumbuhan ekonomi Jerman akan naik pada bulan-bulan berikutnya, menurut data survei sentimen yang dirilis Jumat ini.

Survei bulanan oleh grup peneliti pasar GfK menunjukkan kepercayaan konsumen naik 9.0 poin di bulan Januar dari 8.7 poin di Desember. Angka tersebut diatas perkiraan para ekonom yang menyatakan naik 8.8 poin, menurut survei Wall Street Journal. Angka pembacaan survei terakhir menunjukkan yang paling tinggi saat Desember 2006 dengan mencapai angka 9.1 poin.

"Para konsumen berasumsi pelemahan ekonomi di Jerman hanya sementara dan ekonomi domestik akan kembali ke laju pertumbuhan dalam beberapa bulan kedepan," menurut GfK.

GfK menggunakan data survey dari bulan ini untuk memperoleh data pada bulan depan.

Kepercayaan konsumen bulan Desember membaik, setelah penurunan tajam harga energi memberikan sektor rumah tangga beberapa fleksibilitas dalam melakukan pembelian. Sementara perkiraan pendapatan konsumen memburuk, namun demikian sebagaimana GfK katakan hal itu dapat dijelaskan oleh ketidakstabilan situasi internasional bukan keadaan domestik.

Indikator ekonomi lainnya juga mengisyaratkan bahwa Jerman sedang bangkit dari periode penurunan. Kepercayaan bisnis bulan Desember membaik, kenaikan pada bulan ke-2 secara berturut-turut, menurut data dari Ifo institute yang berbasis di Munich yang dirilis Jumat ini. (bgs)

Sumber : MarketWatch

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us