Bursa Jepang Ditutup Menguat Seiring Kenaikan Saham Eksplorasi Energi

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA. Saham Jepang catat kenaikan, yang dipimpin oleh saham eksplorasi energi, pasca mata uang yen melemah pada akhir pekan lalu karena kenaikan minyak dan kepercayaan konsumen AS mencapai level tertinggi dalam 11-tahun terakhir.

Saham Oil explorer Inpex Corp. naik 2,4 % karena indeks acuan perusahaan pertambangan memimpin kenaikan di antara 33 kelompok industri pada indeks Topix. Sony Corp, yang mendapat sekitar 70 % dari penjualan di luar negeri, menguat 2,5 %. Sementara Sharp Corp turun 8,7 %, merupakan penurunan terbesar di Nikkei 225 Stock Average, pasca laporan pembuat peralatan elektronik akan melaporkan hilangnya puluhan miliar yen. Sedangkan Indeks Topix Air Transportation, yang telah naik 3,6 % dalam dua pekan terakhir, turun 1,7 % hari ini terkait prospek bahan bakar yang lebih mahal.

Indeks Topix naik 0,6 % ke level 1,372.41 pada penutupan perdagangan hari ini di Tokyo, dengan dua saham naik untuk setiap saham yang turun. Indeks Nikkei 225 naik 0,9 % ke level 17,014.29. Kedua Indeks acuan tersebut ditutup turun dalam tiga pekan terakhir pada pekan lalu. Sementara mata uang yen diperdagangkan pada level 117,16 per dolar setelah melemah 1,2 % pada 16 Januari kemarin, merupakan penurunan terbesar dalam sebulan terakhir. (vck)

Sumber: Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us