Emas Catat Kenaikan Ke Level 5-Bln Tertinggi Jelang Pertemuan ECB

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA. Emas catat kenaikan ke level tertinggi dalam lima bulan terakhir jelang pertemuan pembuat kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) terkait harga logam di eropa mencapai level tertinggi sejak 2013 lalu dan aset dalam produk yang diperdagangkan di bursa terbesar memperpanjang kenaikan pada hari ketiga.

Bullion untuk pengiriman segera naik sebesar 0,2 % ke level $ 1,297.85 per ounce, merupakan level tertinggi sejak 20 Agustus lalu, dan diperdagangkan di level $ 1,297.06 pukul 11:39 pagi di Singapura, menurut harga Bloomberg. Logam menguat untuk hari kedua, mengirim kekuatan indeks relatif dalam14-hari di atas level 70 yang merupakan sinyal ke beberapa investor bahwa harga bisa turun.

Emas naik ke level 1,122.88 euro per ons, merupakan harga tertinggi sejak Mei 2013 lalu, karena ECB akan mengumumkan pembelian aset pada 22 Januari, lanjut pelemahan mata uang umum yang sudah mendekati level terendah dalam 11-tahun terakhir. Sementara kebijakan divergen moneter telah mendorong Indeks Dollar Spot Bloomberg ke level tertinggi dalam 10-tahun terakhir, merupakan penurunan harga komoditas telah menimbulkan spekulasi bahwa Federal Reserve akan menahan diri dari meningkatkan suku bunganya karena inflasi gagal naik di atas target bank sentral sebesar 2 %.

Aset di SPDR Gold Trust diperpanjang untuk hari ketiga sebesar 742,24 metrik ton pada 20 Januari lalu sejak 11 Desember. Holdings, yang dikontrak selama dua tahun, telah meningkat sebesar 704,83 ton pada 7 Januari lalu, merupakan level terendah sejak tahun 2008. (vck)

Sumber: Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us