Emas Dekati Level Tertinggi Sejak Agustus Pasca Pemilu Yunani

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA. Emas diperdagangkan mendekati level lima bulan tertingginya karena kemenangan partai anti-penghematan Syriza dalam pemilu Yunani mengangkat prospek bahwa Yunani akan berusaha untuk negosiasi ulang dalam persyaratan bailout internasional.

Bullion untuk pengiriman segera naik sebesar 0,4 % ke level $ 1,299.31 per ounce dan diperdagangkan pada level $ 1,293.61 pukul 12:02 siang di Singapura, menurut harga Bloomberg. Logam naik ke level $ 1,307.62 pada 22 Januari lalu, merupakan level tertinggi sejak 15 Agustus lalu, karena Bank Sentral Eropa menambahkan stimulus.

Syriza meraih kemenangan lebih dibandingkan perkiraan saat jajak pendapat, mutlak dengan suara terbanyak saat perhitungan suara. Pemimpin Syriza Alexis Tsipras telah berjanji untuk mengamankan cadangan utang dan mengakhiri langkah-langkah penghematan, Perdana Menteri Antonis Samaras memperingatkan bahwa kebijakan itu bisa memicu keluarnya Yunani dari zona euro. Sementara emas catat kenaikan 9,3 % tahun ini, terkait spekulasi Federal Reserve yang akan menahan diri dalam menaikkan tinggat suku bunga.

Indeks kekuatan emas relatif berada sekitar level 70 dalam 14-hari sehingga memberi sinyal ke beberapa investor bahwa harga dapat turun. Holdings di SPDR Gold Trust, exchange-traded produk terbesar yang didukung oleh emas, naik sebesar 741,65 metrik ton pada 23 Januari lalu sehingga memangkas kenaikan pada pekan kedua.

Bullion untuk pengiriman Februari stagnan pada level $ 1,293.50 per ounce di Comex New York. Posisi net-long emas naik 27 % ke level 145.732 dalam kontrak berjangka dan opsi pada pekan yang berakhir 20 Januari lalu, menurut data AS Commodity Futures Trading Commission. (vck)

Sumber: Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us