Indeks Berjangka Eropa Catat Kenaikan Terkait Stimulus ECB


PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA. Indeks saham berjangka Eropa catat kenaikan, menandakan ekuitas akan reli untuk hari ketujuh di tengah kepercayaan program pembelian obligasi Bank Sentral Eropa (ECB) yang akan membantu mencegah deflasi.

Kontrak pada indeks Euro Stoxx 50 berakhir pada Maret naik 0,9 % ke level 3.351 pukul 7:05 pagi di London. Indeks Stoxx Europe 600 naik 1,7 % pada hari Kamis kemarin, sehingga memperpanjang kenaikan dalam tujuh tahun terakhir, pasca Bank Sentral Eropa mengatakan akan mulai membeli obligasi pemerintah. Sementara Presiden Draghi mengumumkan program pembelian aset termasuk surat berharga swasta dan publik sebesar 60 miliar euro ($ 68 miliar) mulai dari bulan Maret hingga September 2016 mendatang. Kenaikan itu sekitar � 1.1 triliun.

Indeks Stoxx 600 menuju kenaikan mingguan kedua. Spekulasi yang mengarah ke pengumuman Draghi mendorong Indeks acuan naik sebesar 7,2 % sejak 14 Januari. Kenaikan tersebut merupakan kenaukan tertinggi dalam enam hari terakhir sejak Desember 2011. Langkah tak terduga Swiss National Bank (SNB) untuk meninggalkan acuan mata uangnya terhadap euro pekan lalu meningkat terkait spekulasi ECB yang akan menambah stimulus untuk memerangi ancaman deflasi.

Di AS, stimulus Federal Reserve melalui tiga tahap sehingga membantu indeks Standard & Poor 500 turun lebih dari tiga kali lipat dari bulan Maret tahun 2009 lalu ke rekor terendahnya pada 29 Desember lalu. Bank sentral mengakhiri program pelonggaran kuantitatif tiga bulan yang lalu. (vck)

Sumber: Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us