Emas Kembali Meredup Dekati Level 5 tahun Terendah


Emas bergerak untuk rebound dari level 5 tahun terendah pada Rabu ini, menandakan tekanan yang berkelanjutan pada logam setelah mengalami penurunan tajam dalam hampir 2 tahun, penurunan tersebut terjadi karena menurunnya prospek permintaan terhadap logam mulia.

India tidak terburu-buru untuk mengisi kekosongan karena menurunnya permintaan China seiring calon pembeli menunggu penurunan harga emas lebih lanjut, terkait jeda musim pernikahan dan hujan dapat menekan harga emas.

Spot emas sedikit berubah di level $ 1,101.28 per ons pada pukul 00.46 GMT, tidak berada jauh di atas level $ 1,088.05 pada hari Senin ketika emas turun 4 % dalam aksi jual diperparah dengan jumlah volume yang besar diperdagangkan di Shanghai Gold Exchange.

Emas untuk pengiriman Agustus turun 0,3 % ke level $ 1,100.50 per ons. Investor menemukan sedikit alasan untuk menjadikan emas sebagai asset safe haven karena krisis keuangan global, diiringi penguatan dolar sebelum kenaikan suku bunga AS untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade terakhir.

Sementara emas meredup diiringi penurunan dalam industri pertambangan emas, penutupan tambang tidak diharapkan terjadi dengan cepat seiring para operator bukannya mencoba untuk menurunkan biaya untuk menjaga kegiatan yang sedang berjalan.

Emas tidak lagi memiliki daya tarik, karena perkiraan meningkatnya harga dan volatilitas saat ini, mendorong mereka untuk mencari keuntungan dan perlindungan nilai di tempat lain.

Kepemilikan SPDR Gold Trust, dana yang diperdagangkan di bursa terbesar emas di dunia, kemarin turun lagi ke level 22.170.000 ons, yang merupakan level terendahnya sejak Agustus 2008 silam. (knc)

Sumber : Reuters

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us