Ekonomi AS Tumbuh 1,4 % di Kuartal Keempat, Didukung oleh Konsumen

Perekonomian AS diperluas pada kuartal keempat berada di laju yang lebih cepat dari perkiraan sebelumnya, didukung oleh meningkatnya belanja konsumen pada jasa.

Kenaikan produk domestik bruto (PDB) direvisi menjadi 1,4 %, nilai semua barang dan jasa yang diproduksi, dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya sebesar 1 % yang diproyeksi oleh Departemen Perdagangan, menurut angka yang dirilis pada hari Jumat. Ekonomi AS tumbuh 2 % di kuartal ketiga. Laporan ini juga menunjukkan bahwa keuntungan perusahaan menurun pada tahun 2015, yang terbesar dalam tujuh tahun terakhir.

Penghasilan merosot, menggambarkan keterbatasan ekonomi yang berjuang untuk rebound pada awal tahun ini. Beberapa perusahaan, dibebani oleh harga komoditas yang rendah dan melambatnya pasar luar negeri, memangkas kembali pada investasi sementara pasar tenaga kerja perusahaan dan inflasi yang rendah mendorong rumah tangga untuk meningkatkan belanja konsumen.

Perkiraan rata-rata dari 73 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg menyerukan pertumbuhan pada kuartal keempat dari 1 %, dengan proyeksi mulai dari tidak ada perubahan dengan kenaikan 1,4 %. Ini adalah yang terakhir dari tiga perkiraan untuk kuartal sebelum revisi tahunan di bulan Juli.

Angka tersebut menandai perlambatan dari 2,2 % laju rata-rata dalam tiga kuartal pertama di tahun 2015. Selama tahun lalu, ekonomi AS tumbuh 2,4 %, sesuai dengan kenaikan pada tahun 2014.

Angka pertumbuhan ekonomi di kuartal keempat saat ini didorong oleh sektor jasa, terutama pada rekreasi dan transportasi. Sedangkan sektor ekspor juga menurun kurang dari perkiraan sebelumnya. (knc)

Sumber : Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us