Yellen: Kehati-hatian untuk Kenaikan Suku Bunga Secara Khusus Diperlukan

Ketua Federal Reserve Janet Yellen mengatakan bahwa merupakan hal yang tepat untuk bank sentral AS "memproses dengan hati-hati" dalam menaikkan suku bunga seiring ekonomi global menimbulkan risiko yang lebih tinggi.

Pidato di Economic Club of New York memberikan petunjuk yang lebih kuat untuk menjalankan perekonomian menjauh dari batas nol untuk target suku bunga Komite Pasar Terbuka Federal.

"Saya menganggap hal itu sesuai bagi para komite untuk melanjutkan secara hati-hati dalam menyesuaikan kebijakan," kata Yellen dalam teks sambutannya yang dikatakan pada hari Selasa. "kehati-hatian ini secara khusus diperlukan karena, dengan suku bunga dana federal sangat rendah, kemampuan FOMC menggunakan kebijakan moneter konvensional untuk menanggapi gangguan ekonomi bersifat asimetris."

Pejabat Fed meninggalkan target suku bunga acuan pinjaman tidak berubah bulan ini sebesar 0,25 persen sampai 0,5 persen sementara merevisi turun perkiraan median mereka untuk jumlah kenaikan suku bunga yang akan diperlukan tahun ini menjadi dua kenaikan, dari empat yang diproyeksikan sebelumnya pada bulan Desember.

Yellen mengatakan FOMC "masih akan memiliki ruang yang cukup" untuk melonggarkan kebijakan apabila suku bunga mencapai nol lagi, menunjuk pada pedoman ke depan suku bunga dan kenaikan "ukuran atau durasi dari kepemilikan sekuritas jangka panjang kami."

"Sementara alat ini mungkin akan memberikan beberapa risiko dan beban yang tidak sesuai dengan suku bunga dana federal, kami menggunakannya secara efektif untuk memperkuat pemulihan dari resesi besar, dan kami akan melakukannya lagi apabila diperlukan," katanya. (sdm)

Sumber: Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us