Dollar AS Kembali Takluk

Rifan Financindo Berjangka - Dolar AS merosot terhadap euro dan sterling untuk hari kedua berturut-turut pada akhir perdagangan mata uang Rabu di AS tertekan profit taking dan meredanya kekuatiran Brexit.

Sterling, yang menderita satu hari kejatuhan terbesar dalam sejarah modern pada Jumat, berakhir naik 0,7 persen terhadap greenback di $ 1,3434. Itu membukukan rebound sekitar 3 sen dari level terendah 31-tahun $ 1,3122 yang dicapai pada hari Senin, ketika mata uang memperpanjang penurunannya lebih dari 17 persen selama dua hari setelah pemungutan suara Brexit.

Euro berakhir naik 0,33 persen terhadap dolar pada $ 1,1101, rebound lebih dari terendah 3,5 bulan di $ 1,0909 pada hari Jumat. Analis mengatakan para pedagang lega dengan prospek negosiasi berkepanjangan antara pembuat kebijakan Eropa sebelum perceraian di Inggris dari Uni Eropa.

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama lainnya, terakhir turun 0,46 persen pada 95,81 setelah mencapai lebih tinggi dari 3,5 bulan dari 96,705 pada hari Senin.

Sedangkan mata uang terkait komoditas seperti dolar Australia dan Selandia Baru menguat, dengan Aussie terakhir naik 0,66 persen di $ 0,7436 dan kiwi naik 0,77 persen di $ 0,7098.

Dolar, yang tenggelam terhadap yen safe-haven setelah suara Brexit, terakhir turun hanya 0,11 persen pada 102,86 ¥. Dolar terakhir turun 0,21 persen terhadap franc Swiss pada 0,9799 franc.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pergerakan poundsterling dan euro akan mencermati hasil pertemuan para pemimpin Eropa dan Inggris Raya, yang jika memberikan hasil positif dapat mengangkat kedua mata uang tersebut. Namun sebaliknya, dolar AS akan kembali berjaya jika sentimen ketidakpastian pasca Brexit menguat kembali.Memasuki perdagangan forex sesi AS hari Rabu (29/6) dollar AS melemah terhadap rival-rival utamanya. Upaya pemerintah Inggris dan Uni Eropa untuk mencari solusi terkait Brexit, mengirimkan Poundsterling dan Euro menguat.

Sebanyak 27 negara anggota Uni Eropa, termasuk Inggris, akan bertemu di Brussels hari ini setelah pertemuan puncak Selasa dengan Perdana Menteri Inggris, untuk membahas bagaimana menanggapi keputusan Brexit. Mereka diharapkan untuk memulai periode refleksi, yang akhirnya menghasilkan satu set proposal reformasi Uni Eropa yang akan diresmikan pada bulan Maret mendatang.

Sementara itu naiknya harga-harga komoditas seperti minyak mentah dan emas, memberikan penguatan bagi kurs komoditas sekaligus rival dollar AS seperti Aussie dan dollar Kanada.

Mata uang safe haven seperti Yen Jepang dan Swiss Franc juga menguat ditengah harapan dan ketidakpastian Brexit, membuat ada investor yang mencari perlindungan bagi investasinya.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama perdagangan malam ini  melemah 0,50 persen setelah dibuka pada posisi 95,04  dan bergulir pada posisi 96,04.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks dollar AS akan lanjutkan pelemahannya, dengan kondisi rival-rivalnya terus mengumpulkan kekuatannya. Rifan Financindo Berjangka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us