Harga Emas Turun Terpicu Harapan Positif Pertemuan G-20

Rifan Financindo Berjangka - Harga emas menahan kerugian lebih jauh pada akhir perdagangan hari Selasa dinihari setelah berita positif dari hasil pertemuan negara G-20 memberikan harapan penguatan ekonomi global.

Harga emas sempat melemah setelah berita dari negara ekonomi utama dunia berjanji pada pertemuan G20 akhir pekan lalu, yang didominasi oleh persoalan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa, berjanji  menggunakan semua alat kebijakan yang tersedia untuk meningkatkan pertumbuhan. Berita ini mengangkat pasar saham dan dolar di awal sesi.

Namun pelemahan emas tertahan dengan karena pasar saham dan dolar AS melemah jelang pertemuan bank sentral di Amerika Serikat dan Jepang. Pasar saham di Eropa dan AS tertekan pelemahan harga minyak mentah.

Sedangkan Dolar AS turun tipis pada Senin karena investor melihat ke depan untuk pertemuan bank sentral dimana Federal Reserve AS akan melakukan pertemuan dua hari pada Rabu dan Bank of Japan akan bertemu pada hari Jumat.

Harga emas spot turun 0,57 persen pada $ 1,314.44 per ons, sementara harga emas berjangka AS untuk pengiriman Agustus turun $ 3,90 atau 0,29 persen, pada $ 1,319.50, dan terakhir turun 0,67 persen pada $ 1,314.60.

Emas mereda untuk minggu kedua pekan lalu, sebesar 1,2 persen, setelah rally ke level tertinggi dalam lebih dari dua tahun pada awal Juli setelah pemungutan suara Brexit, yang mendorong permintaan untuk logam sebagai tempat berlindung dari resiko.

Investor mengantisipasi seminggu yang sibuk yang mencakup pertemuan Federal Reserve AS, stress test bank Eropa dan harapan dari stimulus dari Jepang.

Spekulan memotong catatan taruhan bullish mereka pada kontrak emas COMEX untuk minggu kedua berturut-turut, data yang AS menunjukkan pada hari Jumat.

Harga perak spot, yang jatuh sekitar 3 persen pekan lalu, turun 0,4 persen pada $ 19,53 per ons. Paladium spot naik sebanyak 1,2 persen ke level tertinggi sembilan bulan pada $ 687,80 per ons, memperpanjang keuntungan setelah mendaftar kenaikan mingguan kelima pekan lalu, naik 5,2 persen.  Platinum spot naik 0,46 persen di $ 1.082.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas pada perdagangan selanjutnya berpotensi bergerak sideways menantikan pertemuan Federal Reserves AS dan Bank of Japan pekan ini. Harga emas diperkirakan menembus kisaran Support $ 1,312-$ 1,310, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 1,316-$ 1,318. Rifan Financindo Berjangka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us