Ini Keuntungan Kebijakan Proteksionis Donald Trump untuk RI







Rencana Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk melakukan proteksi akan memberi keuntungan tersendiri bagi Indonesia. Pasalnya, langkah tersebut diperkirakan akan turut mengangkat harga komoditas di mana Indonesia masih bergantung di sana.

Analis PT Samuel Sekuritas Muhammad Alfatih mengatakan, sikap proteksionis AS memberi kesan adanya perang dagang antara AS dan China.



Mengingat Trump memiliki latar belakang pebisnis, sikap proteksi ini dianggap untuk menaikan posisi tawar AS dengan China.

"Jadi saat ini AS kan sangat terbuka dalam hal perdagangan bebas. Sedangkan China masih banyak yang tertutup," kata dia seperti ditulis di Jakarta, Minggu (2/1/2017).Jelas saja, hal ini akan menjadi bahan pertimbangan bagi China. Lantaran, China juga memiliki kepentingan ekspor di AS. "Jadi kalau benar-benar ditutupi China akan kesulitan. Jadi itu bahan negosiasi," imbuh dia.Dia melanjutkan, AS juga memiliki kepentingan untuk ekspor ke China. Maka, nantinya AS akan menggenjot ekspor ke Negara Tirai Bambu tersebut.

Kebutuhan untuk meningkatkan ekspor memberi efek positif pada permintaan komoditas sehingga mendorong harga. "Ketika AS ingin meningkatkan produksinya, akan menaikkan harga komoditas," tandas dia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us