IHSG Diramal Bergerak Fluktuatif Merespon Rilis Data Ekonomi

Jakarta, Rifan Financindo  -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bergerak fluktuatif pada perdagangan hari ini, Senin (8/5), merespon rilis data ekonomi yang akan keluar sepanjang pekan ini, baik dari dalam maupun luar negeri.


Analis Reliance Securities Lanjar Nafi mengatakan, beberapa data ekonomi dari dalam negeri, antara lain data cadangan devisa yang diharapkan meningkat US$123 miliar dan indeks keyakinan konsumen yang juga diperkirakan cukup baik.

"Kemudian, data penjualan eceran, kendaraan, pertumbuhan pinjaman, dan indeks harga properti yang diprediksi melambat akan menjadi penahan penggerak laju IHSG," ujarnya, dikutip Senin (8/5).

Sementara itu, sentimen dari global datang dari data ekspor dan impor, serta neraca perdagangan di China. Data ekonomi lain yang akan memengaruhi laju IHSG juga datang dari tingkat inflasi di China dan Jerman, serta pertumbuhan ekonomi di Jerman.

"Seluruhnya masih cenderung konservatif pada hasil survey dan ekspektasi," imbuh dia.

Berkaca pada kondisi ini, Lanjar memperkirakan, IHSG bergerak fluktuatif dalam rentang 5.616-5.740. Ia menyebut, setidaknya ada beberapa saham yang patut dicermati sepanjang pekan ini, di antaranya PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) dan PT Astra International Tbk (ASII). Kemudian, PT Elnusa Tbk (ELSA), PT Adhi Karya Tbk (ADHI), dan PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (AGRO).

Analis senior Binaartha Securities Reza Priyambada menjelaskan, secara teknikal, pergerakan IHSG terlihat mulai terbatas. Hal ini juga diiringi maraknya aksi jual oleh pelaku pasar. "Terbatasnya pergerakan IHSG menandakan meredupnya peluang kenaikan," terang Reza.

Ditambah lagi, pelaku pasar yang seakan terperangkap dengan persepsi sell in May and go away yang membuat indeks kembali turun oleh sikap pelaku pasar sendiri.

"Namun, diharapkan pasar tidak terlalu panik untuk menjaga laju IHSG tidak terlalu dalam penurunannya," tutur Reza.

Adapun, Reza memprediksi, IHSG sepanjang pekan ini akan bergerak dalam rentang support 5.658-5.670 dan resisten 5.726-5.738.

Rifan Financindo 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us