AS Bidik Sanksi Ekspor Iran Lagi, Harga Minyak Tetap Naik

Rifan Financindo || Harga minyak naik tipis pada hari Kamis di Asia karena Amerika Serikat dilaporkan berencana untuk memotong lebih banyak ekspor minyak mentah dari Iran mulai bulan Mei.

Mengutip dari berbagai sumber yang diberi pengarahan oleh administrasi Presiden Donald Trump mengenai masalah ini, Reuters melaporkan bahwa Washington menargetkan untuk memotong ekspor minyak mentah Iran sekitar 20% menjadi di bawah 1 juta barel per hari (bph) mulai bulan Mei.

"Tujuannya sekarang adalah mengurangi ekspor minyak Iran menjadi di bawah 1 juta barel per hari," kata salah satu sumber. Pemotongan akan dicapai dengan mewajibkan negara-negara pengimpor untuk mengurangi pembelian untuk menghindari sanksi AS, sumber tersebut menambahkan.

Namun, penghentian total minyak Iran dalam jangka pendek tidak mungkin, karena pemerintahan Trump tetap khawatir bahwa itu akan memicu lonjakan harga minyak global.

Minyak Mentah WTI berjangka naik 0,3% menjadi $58,41 pada pukul 10.50 WIB, sementara internasional Minyak Brent berjangka menguat 0,4% ke $67,83.

Dalam berita lain, Badan Informasi Energi AS melaporkan bahwa persediaan minyak mentah turun 3,86 juta barel dalam sepekan hingga 8 Maret dibandingkan perkiraan untuk membangun cadangan 2,66 juta. Pada minggu sebelumnya, persediaan melonjak 7,07 juta barel.

Produksi minyak mentah AS juga turun 100.000 bph menjadi 12 juta bph.

Bullish juga dibantu oleh pernyataan utusan khusus AS Elliott Abrams pada hari Rabu bahwa Washington merencanakan sanksi lebih lanjut "sangat signifikan" pada minyak Venezuela.

Rifan Financindo || Produksi dan ekspor minyak Venezuela telah terganggu oleh krisis politik dan ekonomi yang telah menyebabkan jutaan warga negara berjuang mencari makanan dan air selama berhari-hari.


Baca juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us