Harga Emas Turun, Bursa Saham Kembali Pulih

PT Rifan Financindo ||  Harga emas turun pada Kamis (05/03) di Asia lantaran munculnya kembali minat atas aset berisiko di tengah laporan bahwa Dana Moneter Internasional (IMF) mengumumkan paket bantuan senilai $50 miliar untuk mengurangi dampak wabah virus covid-19 pada perekonomian global.


Emas Berjangka untuk penyerahan April turun sebesar 0,23% di $1.639,15 menurut data Investing.com pada pukul 14.45 WIB. Sementara emas spot naik 0.09% di level $i.638.61.

Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva mengatakan paket bantuan $50 miliar "segera" tersedia bagi negara-negara berpenghasilan rendah dan pasar negara berkembang.

Terpisah, DPR Amerika Serikat menyetujui RUU dana senilai $8,3 miliar untuk memerangi penyebaran virus.

Data ekonomi semalam yang menunjukkan kegiatan sektor jasa AS melonjak ke tingkat tertinggi satu tahun pada Februari juga disebut sebagai penghambat tren kenaikan logam kuning. Sementara itu, pasar tenaga kerja swasta menghasilkan 183.000 pekerjaan dan data ini lebih baik dari perkiraan sebelumnya sehingga memberikan tekanan lebih besar pada harga emas.

Sebelum mengalami kerugian hari ini, harga emas melonjak sebesar 3% Selasa setelah pemotongan darurat tingkat suku bunga oleh Federal Reserve dan kegelisahan yang timbul dari meningkatnya kasus virus covid-19 di AS mendorong permintaan atas safe haven.

PT Rifan Financindo || Terakhir kali The Fed melakukan pemangkasan suku bunga di luar jadwal rutin pertemuan terjadi saat puncak krisis keuangan global pada Oktober 2008 silam.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us