Sony Xperia Z1 aka Honami: Kecanggihan Dalam Kesempurnaan

Sony Xperia Z1 aka Sony Honami sudah ditunggu kemunculannya sejak beberapa bulan yang lalu. Kemudian pada tanggal 4 September kemarin, Sony secara resmi memperkenalkan smartphone super terbarunya ini. Peluncuran produk ini bertepatan dengan acara Internationale Funkausstellung Berlin (IFA) yaitu sebuah acara pameran teknologi terbesar dan tertua di benua Eropa. Begitu diperkenalkan sambutan para pecinta gadget sangat luar biasa. Pasalnya Xperia Z1 ini bukan sekedar smartphone biasa, melainkan smartphone Android premium dengan spesifikasi canggih dan dilengkapi dengan segudang fitur yang tidak dimiliki oleh merek pesaingnya. Namun bagi sobat Androbana dan pecinta gadget di Indonesia harus masih menunggu kedatangan smartphone super canggih ini hingga bulan Oktober mendatang. Sambil menunggu kedatangannya Androbana akan meengulas tentang spesifikasi dan berbagai fitur yang dimiliki oleh smartphone ini. Seperti apakah kecanggihan Sony Xperia Z1 Honami?


Sony Xperia Z1 Honami


Sony Xperia Z1 Honami memiliki dimensi 144,4 x 73,9 x 8,5 mm. Sebagai sebuah smartphone premium tentu saja Z1 memiliki desain yang premium juga. Body-nya sangat tipis namun tidak menjadikan smarphone ini terlihat ringkih, sebaliknya justru terlihat sangat mantab. Smartphone terbaru Sony ini memiliki sertifikasi IP55 dan IP58. Sertifikasi ini mebuktikan bahwa Z1 telah tahan diuji sebagai smartphone anti debu dan air. Asalkan semua port beserta tutupnya terpasang erat, ponsel ini dapat terlindung dari semburan air tekanan rendah dari semua arah. Smartphone ini juga dapat dibawa menyelam hingga 1,5 meter di bawah permukaan air tawar selama 30 menit sesuai dengan IP 58.

Sony Xperia Z1 Honami memiliki tampilan layar berukuran 5 inches berjenis TFT capacitive dengan 16 juta warna. Ukuran pixel yang dimiliki layar ini sangat tinggi yaitu 1920 x 1080 pixels yang artinya setiap inches persegi layar ini terdapat 441 pixels. Tingkat pixel density yang tinggi ini tentu saja akan berdampak pada ketajaman tampilan layarnya. Layar ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa teknologi proteksi seperti shatter proof dan kaca anti-gores. Layar ini juga menerapakan teknologi Triluminos Display dan X-Reality Engine. Kedua teknologi ini merupakan teknologi besutan Sony Bravia terbaru yang mampu memberikan kualitas tampilan layar HD 1080 secara penuh dengan ketajaman warna yang alami dan nyata.

Sony Xperia Z1 Honami - Tampak Depan Belakang
Selanjutnya mari kita bahas mengenai peforma Sony Xperia Z1 Honami. Smartphone ini mengusung komponen pemrosesan yang paling baru. Sebagai CPU-nya adalah processor empat-inti seri terbaru Snapdragon 800 dengan kecepatan clock hingga 2.2 Ghz Krait 400. Chipset seri Snapdragon 800 ini memiliki kelebihan dimana masing-masing dari empat inti processor ditenagai secara terpisah. Jadi ketika processor sedang menjalankan aktifitas ringan, daya yang digunakan dapat ditekan seminimal mungkin sesuai dengan inti processor yang aktif. Kemudian GPU-nya menggunakan chip grafik terbaru Adreno, yaitu Adreno 330. Chip GPU seri terbaru ini memiliki kinerja 50% lebih baik jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, Adreno 320.
Selain memiliki komponen unit pemrosesan pusat yang supercanggih. Sony Xperia Z1 Honami mengusung kamera super canggih.Sony memadukan antara unit hardware dengan dukungan dari software yang sama canggihnya pula. Untuk ukuran resolusi kamera saja smartphone ini memiliki angka 20,7 MP! Sensor yang digunakan bernama Exmor RS, sensor ini menangkap lebih banyak cahaya untuk menghasilkan gambar dengan definisi tingkat tinggi. Kemudian lensa yang digunakan bernama Lensa G dari Sony. Lensa ini memiliki kemampuan mengumpulkan cahaya untuk menghasilkan kualitas gambar dan fokus yang superior. Kemudian ada juga teknologi BIONZ yang merupakan mesin engolah citra di ponsel.

Spesifikasi Sony Xperia Z1 Honami

Jaringan
2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100 4G Tergantung versi dan negara penjual
Dimensi
Ukuran 144 x 74 x 8.5 mm
Berat 170 g
IP58 certified - dust proof and water resistant over 1 meter and 30 minutes 
Diplay
TFT capacitive touchscreen 16M colors
1080 x 1920 pixels, 5.0 inches (~441 ppi pixel density)
Multitouch hingga 10 jari
Shatter proof and scratch-resistant glass
Triluminos display
X-Reality Engine
OS
Android Jelly Bean 4.2.2
CPU
Qualcomm MSM8974 Snapdragon 800 Quad-core 2.2 GHz Krait 400
GPU Adreno 330
Memori
Card slot microSD up to 64 GB
Internal 16 GB
2 GB RAM
Kamera
Belakang 20.7 MP, autofocus, LED flash, check quality Features 1/2.3'' sensor size, geo-tagging, touch focus, face detection, image stabilization, HDR, panorama 
Video 1080p@30fps, video stabilization, HDR, check quality 
Depan 2 MP 1080p@30fps 
Untuk melihat spesifikasi yang lebih detail dan lengkap silahkan kujungi situs resminya:

Sony Xperia Z1 Honami - Pilihan Warna

Harga Sony Xperia Z1 Honami

Harga Sony Xperia Z1 Honami di Amerika saat ini berkisar pada angka 750 dollar. Untuk harga di Indonesia pihak Sony belum dapat memutuskan karena fluktuasi kurs mata uang. Namun Androbana memperkirakan harga smartphone ini akan berkisar di angka Rp 8 juta. Harga yang menurut kami pantas untuk ditukar dengan semua fitur keunggulan Sony Zperia Z1 Honami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us