Bank Mandiri Terbitkan Obligasi Berkelanjutan I Tahap I Rp5 Triliun

Rifan Financindo Berjangka - -Jakarta: PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) atau Bank Mandiri berencana menerbitkan obligasi berkelanjutan I tahap I dengan target indikatif Rp5 triliun. Upaya ini sebagai bagian dari diversifikasi dan perbaikan struktur pendanaan bank dalam jangka panjang. Secara keseluruhan, rencana penerbitan obligasi berkelanjutan I adalah sebesar Rp14 triliun yang akan dilakukan dalam kurun waktu 2016-2018.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan penerbitan obligasi ini juga dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pendanaan dalam mendukung ketersediaan infrastruktur nasional.

"Sebagai bank BUMN, Bank Mandiri memiliki komitmen kuat untuk membantu pemerintah membangun proyek-proyek infrastruktur strategis jangka panjang seperti yang telah digariskan dalam program Nawacita Kabinet Kerja," ujarnya di Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (24/8/2016).

Penerbitan obligasi berkelanjutan ini, lanjut dia, akan mendukung Bank Mandiri untuk memberikan pembiayaan jangka panjang antara lima hingga 10 tahun sesuai dengan kebutuhan pembiayaan infrastuktur dan perumahan yang lebih panjang

Direktur Finance & Treasury Bank Mandiri Pahala N Mansury menambahkan, sebagian dari hasil penerbitan obligasi tersebut akan digunakan untuk membiayai pembayaran obligasi subordinasi perseroan yang jatuh tempo 11 Desember 2016.

"Obligasi Berkelanjutan I Tahap I ini akan diterbitkan dalam tiga seri, yakni Seri A dengan tenor lima tahun dengan kisaran kupon 7,75-8,25 persen, Seri B tenor tujuh tahun dengan kisaran kupon 8,15-8,65 persen dan seri C bertenor 10 tahun dengan kisaran kupon 8,40-8,90 persen," jelas dia.

Bank Mandiri akan menunjuk empat perusahaan penjamin emisi, yakni Mandiri Sekuritas, Danareksa Sekuritas, Bahana Securities dan Trimegah Sekuritas Indonesia guna memuluskan aksi korporasi bank plat merah tersebut.

Rencananya, penawaran awal Obligasi Berkelanjutan I tahap I ini akan dimulai pada 24 Agustus hingga 7 September 2016, dengan  penawaran umum diperkirakan pada 23-27 September 2016 dan diperkirakan tanggal efektif pada 21 September 2016. Sedangkan penjatahan direncanakan pada 28 September 2016.PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) atau Bank Mandiri menyalurkan kredit senilai Rp700 miliar kepada PT Cempaka Sinergy Realty (CSR). Pemberian kredit ini dimaksudkan untuk membiayai pembangunan Apartment Arandra Residence.

Adapun penandatanganan perjanjian kredit tersebut dilakukan oleh Senior Vice President Corporate Banking Bank Mandiri M Iswahyudi dan Direktur PT Cempaka Sinergy Realty Dicky Iksan Soetikno serta disaksikan Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar.
Rifan Financindo Berjangka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us