Manufaktur Perancis Bulan November Merosot Tajam Seiring Pelemahan Ekonomi

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA, Manufaktur Perancis bulan November merosot melebihi dari perkiraan para analis sebelumnya dan menurunnya permintaan, memberikan sinyal bahwa naiknya ekonomi yang terlihat pada kuartal ketiga diperkirakan hanya terjadi sesaat.

PMI (Purchasing Managers Index) turun di angka 47.6, angka terendah dalam 3 bulan terakhir, turun dari bulan Oktober sebesar 48.5, menurut rilis data dari Markit Economics di London hari ini. Angka dibawah 50 poin menandai bahwa membelah kenaikan dari kontraksi dan dibandingkan dengan perkiraan rata-rata sebesar 48.8 pada survey Bloomberg News. Rilis data terpisah menunjukkan sektor jasa juga terkontraksi, sementara bisnis baru pada kedua industri tersebut turun tajam selama 17 bulan.

Perekonomian terbesar kedua di zona Eropa tersebut hampir tidak mengalami pertumbuhan dalam 3 tahun terakhir dan rilis data terakhir mengisyaratkan bahwa 2014 akan sedikit sulit. Dengan tingkat pengangguran mendekati rekor dan defisit anggaran yang melebar, Presiden Francois Hollande berada dibawah tekanan untuk memenuhi janjinya terkait reformasi bisnis yang menguntungkan.

Indeks aktifitas sektor jasa bulan ini naik di angka 48.8 dari 48.3 di bulan Oktober, sementara indeks gabungan untuk keseluruhan ekonomi mengalami kenaikan pada angka 48.4 dari angka 48.2, menurut rilis data hari ini. Tingkat tenaga kerja pada manufaktur dan jasa turun di bulan ke-13.

Perekonomian Perancis selama 3 bulan hingga September tumbuh sebesar 0.3% setelah adanya kenaikan pada belanja publik yang mengimbangi penurunan investasi pada kuartal keempat. Sementara tingkat pengangguran bulan September berada pada angka 10.5%, lebih dari 2 kali 5% tingkat pengangguran Jerman, menurut Eurostat.

Hollande, yang popularitasnya terendah sepanjang sejarah Presiden Perancis, dia telah menyatakan bahwa tidak akan bertarung pada pemilu berikutnya apabila dia tidak mampu menurunkan tingkat pengangguran.

Sementara di Jerman, indeks manufaktur dan jasa bulan November diperkirakan naik pada angka 54 dari bulan Oktober 53.9, menurut perkiraan rata-rata dari para ekonom pada survey terpisah. Indeks yang serupa pada Zona Eropa diperkirakan naik pada angka 52.3 dari 52.1. Jerman akan merilis data pada pukul 9:30 pagi waktu Frankfurt dan data Zona Eropa akan dirilis 30 menit setelahnya. (bgs)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us