FOTO: Skara Brae, Kampung Bawah Tanah Zaman Neolitik

Perkampungan batu zaman neolitikum, Skara Brae. (iassakka/Flickr.com)

VIVAlife - Skara Brae. Perkampungan batu zaman neolitik di Teluk Skaill, di Kepulauan Orkney daratan Skotlandia ini banyak dicari wisatawan sejak tahun 1999. Saat di tetapkan menjadi warisan dunia oleh UNESCO.

Perkampungan ini hanya terdiri dari delapan rumah penduduk. Dari delapan rumah ini, tujuh diantaranya ditempati, sedangkan satu lainnya digunakan sebagai bengkel.

Skara Brae

Rumah-rumah ini dihubungkan oleh lorong yang terbuat dari lempengan baru. Sedanglan isi rumah, termasuk kelengkapan peralatan rumah tangga menunjukkan jelas mata pencaharian penduduknya, yakni bertani.

Setiap rumah memiliki pintu kecil menuju ruangan persegi yang besar, dengan perapian, tempat tidur di kedua sis,i dan lemari penyimpanan di dinding seberang pintu. Ada pula Kotak-kotak batu persegi panjang di lantai. Di bagian sudut rumah dilapisi tanah liat sehingga tahan air. 

Skara Brae

Permukiman ini memiliki sistem drainase canggih. Bahkan setiap hunian memiliki toilet. Diperkirakan penduduk meninggakan perkampungan batu itu sekitar pertengahan milenium ketiga SM. Dan selama itulah perkampungan ini digerogoti air dan udara hingga terkubur di bawah lapisan pasir. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us