Jalan Berat Indonesia Merebut Trofi Piala AFF U-19

VIVAbola - Timnas Indonesia U-19 mengukir sejarah baru di gelaran turnamen AFF U-19. Garuda Muda tampil sebagai juara usai mengalahkan Vietnam lewat skenario adu penalti setelah di waktu normal kedua kubu bermain imbang tanpa gol.

Bertanding di Stadion Gelora Deltra, Sidoarjo, Minggu 22 September 2013, Vietnam menjadi lawan sengit bagi Evan Dimas dan kawan-kawan. Pertandingan berjalan imbang tanpa gol hingga ke babak extra-time 2x15 menit. Namun, kedua kubu tidak kunjung menciptakan gol.
Laga akhirnya ditentukan lewat adu penalti. Di babak adu jitu tembakan dari titik 12 pas, kiper Indonesia, Ravi Murdianto ikut menentukan kemenangan Indonesia. Tuan rumah menutup laga dengan skor 7-6 setelah Ilham Udin mengoyak jala Vietnam.

Kilas balik ke belakang, perjalanan Indonesia meraih gelar juara menemui jalan berat dari babak penyisihan grup B. Di dua pertandingan awal, tim besutan Indra Sjafri itu tampil meyakinkan setelah memetik kemenangan lima gol tanpa balas saat menghadapi Brunei Darussalam.
Di partai selanjutnya, Indonesia mulai mendapat perlawanan berarti dari Myanmar. Terbukti Indonesia hanya berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-1.

Usai melewati dua partai dengan memetik poin penuh, Tim Merah Putih dijegal Vietnam dengan skor 1-2. Sempat unggul lewat gol Evan Dimas, Indonesia gagal mempertahankan keunggulan hingga akhirnya Vietnam mampu menambah dua gol lewat Pham Duc Huy dan Nguyen Van Toan.
Kendati menelan kekalahan dari tangan Vietnam, nyali bertanding Indonesia tidak menciut saat menghadapi Thailand. Indonesia mampu menggulung Thailand dengan skor 3-1 di pertandingan ke-4.

Di pertandingan terakhir lawan Malaysia, Indonesia tidak boleh kalah jika ingin melanjutkan langkah ke semifinal. Beruntung, Indonesia yang membutuhkan hasil imbang untuk melaju ke babak empat besar setelah bermain seri 1-1 melawan sang rival abadi.

Pada babak empat besar, Indonesia menghadapi tim negeri tetangga Timor Leste. Pada pertandingan ini, Indonesia kembali mengukir kemenangan dengan skor 2-0. Gol Indonesia dilesakkan Ilham Udin dan Hargianto.

Puncaknya, di partai final, Indonesia mampu membalaskan dendam atas Vietnam setelah di babak pertama kalah dengan skor 2-1. Indonesia mengemas trofi Piala AFF U-19 untuk pertama kali dalam sejarah setelah melawati skenario adu penalti.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us