Emas awali pekan ini pada nada yang positif


Emas berjangka pagi ini tercatat dibuka lebih tinggi pada jam elektronik hari Senin setelah mendapatkan beberapa dukungan dari aktivitas pembelian yang berada di dekat posisi terendah satu minggu pasca kejatuhan tajam Jumat lalu yang terbebani oleh data ekonomi AS yang kuat.
Emas berjangka untuk pengiriman April diperdagangkan naik $ 4,5 pada posisi $ 1.244,6 per ounce di divisi Comex, New York Mercantile Exchange. Pada hari Jumat, harga di tetapkan pada posisi $ 1,244.20 per troy ounce, atau turun 0,22 %. Logam ini mungkin coba menemukan resistensi di dekat level $ 1270 dalam waktu dekat. Pada minggu ini, kontrak emas Comex untuk bulan April turun 1,58 %, kerugian mingguan pertama dalam enam minggu terakhir.
Sementara, perak berjangka memperpanjang kerugiannya, dengan perak untuk pengiriman Maret diperdagangkan turun 0.040 pada posisi $ 19,080 per ounce pada hari Senin. Jumat lalu, harga berakhir turun 0,03 % dan menutup minggu lalu di $ 19,12 per troy ounce. Selama minggu lalu, harga kehilangan 3,23%, penurunan mingguan kedua berturut-turut.
Bullion mengalami tekanan oleh rilis data AS yang kuat minggu lalu. Data yang dirilis pada hari Kamis menunjukkan bahwa ekonomi AS tumbuh 3,2 % pada kuartal keempat, sesuai dengan harapan. Pada hari Jumat, data AS menunjukkan bahwa belanja konsumen naik 0,4 % pada bulan Desember, di atas ekspektasi untuk kenaikan 0,2 %.
Pada hari Rabu sebelumnya, The Fed mengatakan akan kembali menurunkan skala program pembelian aset bulanan sebesar $ 10 miliar menjadi $ 65 milyar per bulan, mengutip pemulihan di pasar tenaga kerja.
Untuk minggu ini, investor akan mengantisipasi secara seksama laporan nonfarm payrolls AS bulan Januari yang akan dirilis hari Jumat setelah bulan Desember menunjukkan bahwa perekonomian menambahkan pekerjaan jauh lebih sedikit dari yang diharapkan.
Data dari Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas yang dirilis Jumat menunjukkan bahwa hedge fund dan manajer uang meningkatkan taruhan bullish mereka di emas berjangka dalam pekan yang berakhir 28 Januari lalu.
Posisi beli emas gros (kotor) naik sebesar 6.273 lots menjadi 120.096, sementara posisi jual gross (kotor) turun 11.047 lots menjadi 59.424. Pembelian bersih mencapai 60.672 kontrak, dibandingkan dengan 43.353 kontrak pada minggu sebelumnya.

Sumber : Commodity Insight

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us