Emas Pimpin Gain pada Logam Mulia

Emas dan perak naik seiring logam mulia yang perpanjang penguatannya, sementara apresiasi yen membuat saham Jepang melemah setelah data ekonomi yang mengecewakan. Sementara, mata uang Malaysia dan Korea menguat dan minyak juga naik.

Emas naik sebesar 0,3 persen pukul 09:57 di Tokyo, melanjutkan kenaikan tajamnya pekan lalu sementara perak naik untuk hari ke-12. Indeks Topix Jepang turun 0,6 persen, sedangkan indeks MSCI Asia Pacific Index naik sebesar 0,2 persen. Indeks berjangka Standard & Poor 500 tergelincir 0,2 persen setelah indeks-indeks AS memberikan perfoma terbaiknya dalam seminggu terakhir sejak Desember. Ringgit Malaysia, won Korea dan yen Jepang menguat 0,3 persen. Minyak di New York naik 0,2 persen, bertahan di atas level $ 100 per barel. 

Hedge fund telah menaikkan taruhan bullish emas ke level tertingginya dalam tiga bulan terakhir setelah mengecewakanya data ekonomi AS dan setelah John Paulson pertahankan kepemilikan atas bullion. Pertumbuhan ekonomi di Jepang di mana indeks Nikkei 225 mencatat kerugian terbesar di antara pasar negara maju tahun ini.China mengatakan pada 15 Februari lalu bahwa china melirilis data melihat kredit baru yang mencapai rekor pada bulan Januari, meningkatkan prospek untuk ekonomi terbesar di Asia tersebut. Pasar finansial AS dan Kanada akan ditutup hari ini untuk liburan nasional. 

Emas naik ke level $1,321.85 per ons setelah mengakumulasi gain 4,1 persen pekan lalu, terbesar sejak Agustus. Sementara, perak naik 0,7 persen setelah melonjak 7,3 persen pekan lalu ke level tertingginya sejak 8 November. Selain itu, platinum dan paladium naik sebesar 0,3 persen. (izr)
Sumber : Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us