Optimisme Tahun Baru Imlek & Produsen Mobil Melonjak, Saham China Naik

Saham-saham China naik, dipimpin oleh saham-saham barang-barang konsumer, pasca pemerintah memperpanjang subsidi untuk produsen mobil dan analis menyatakan bahwa belanja konsumen selama liburan Tahun Baru Imlek akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

BYD Co., produsen mobil yang ditopang oleh Warren Buffett™s Berkshire Hathaway Inc., melonjak 8.8% di Shenzhen pasca pemerintah menyatakan bahwa akan melanjutkan insentif pada kendaraan elektrik hingga tahun 2015 guna menekan turunnya emisi. FAW Car Co. naik tajam sejak bulan Agustus pasca penjualan kendaraan di bulan Januari naik 50%. Qingdao Haier Co. dan Gree Electric Appliances Inc. naik setidaknya sebesar 1.9%, sementara itu Shanghai Jinjiang International Hotels Development Co. naik 2.1%.

Indeks Shanghai Composite catat gain untuk hari keduanya pasca hari libur panjang, naik sebesar 1% ke level 2,064.85 pada pukul 10:03 pagi. Belanja warga China selama libur tujuh hari memberikan sinyal bahwa konsumsti mengalami kenaikan dan pertumbuhan ekonomi akan œrelatif stabil, berdasarkan pada Bank of America Corp.

Data Pemerintah menunjukkan bahwa penumpang perjalanan udara naik 19% selama hari libur Tahun Baru Imlek yang mulai pada tanggal 31 Januari lalu. Lalu lintas jalan raya naik 5%, berdasarkan pada sebuah laporan Xinhua News Agency pada tanggal 7 Februari lalu, sejalan dengan 433 juta orang, lebih dari seluruh populasi AS, melakukan perjalanan selama liburan. (bgs)

Sumber : Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us