Ekuitas Menguat, Emas Turun Untuk Ke-2 Kalinya Dalam 3 Hari Terakhir

Emas berjangka turun untuk kedua kalinya dalam tiga hari terakhir akibat ekuitas mengalami gain yang mempengaruhi permintaan akan logam mulia sebagai alternatif investasi.

Pada tahun lalu emas telah mengalami penurunan sebesar 28% setelah beberapa investor kehilangan kepercayaan pada logam sebagai tempat lindung nilai ditengah ekuitas mengalami reli. Harga emas telah mengalami rebound di 2014 ini, sementara itu pada bulan ini mencatat gain 6.6% ditengah tanda-tanda pertumbuhan ekonomi AS yang menurun.

Emas berjangka untuk pengiriman bulan April tergelincir 0.8% ke level penyelesaian $1,321.60 per ounce pukul 1:40 siang di Comex, New York. Pada tahun ini, logam mulia telah mengalami kenaikan sebesar 9.9%.

Federal Reserve memangkas pembelian obligasi AS sebesar $10 miliar sebanyak dua kali yang saat ini menjadi $65 miliar. Emas melonjak 70% dari Desember 2008 hingga Juni 2011 sejalan dengan bank sentral menggelontorkan dana lebih dari $2 triliun ke dalam sistem keuangannya guna mendorong perekonomian.

Kepemilikan produk reksadana berbasis logam naik 0.4% di Februari, kenaikan pertama dalam 14 bulan terakhir, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg. (bgs)

Sumber : Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us