Saham China Menguat untuk Hari Kedua Pasca Pekan Terburuk Sejak 2008


Indeks saham China catat penguatan terbesarnya dalam dua hari dalam tiga pekan terakhir, dipimpin oleh penguatan saham perusahaan Energi dan Listrik seiring mengalirnya dana masuk ke dalam pasar saham pasca membanjirnya saham penawaran baru (IPO).

Saham Huadian Power International Corp dan Huaneng Power International Inc melonjak menuju limit harian sebesar 10 persen, mengirimkan saham utilitas mencatat keuntungan terbesar di antara kelompok industri. Saham PetroChina Co menguat 2,9 persen pasca presiden Caixin mengatakan laba semester pertama perusahaan itu lebih baik dari yang diharapkan. Saham China Petroleum & Chemical Corp, refiner terbesar di Asia, naik ke level tertinggi dalam satu bulan terakhir di Hong Kong pasca Macquarie Group meningkatkan saham sebagai saham unggulan.

Indeks Shanghai Composite ditutup menguat 2,5 persen ke level 4,690.15, memperpanjang penguatan pada Selasa kemarin menjadi 2,2 persen. Indeks pekan lalu mengalami koreksi sebesar 13 persen, penurunan mingguan terburuk sejak krisis keuangan global tahun 2008 lalu. Dana mulai kembali ke dalam pasar saham pasca diperkirakan senilai 6,7 triliun yuan (US$1.08 triliun) likuiditas terkunci karena penawaran umum perdana pekan lalu.

Indeks CSI 300 naik sebesar 2 persen. Indeks Hang Seng China Enterprises Hong Kong melonjak 0,8 persen pukul 03:36 waktu setempat, sedangkan indeks Hang Seng menguat sebesar 0,4 persen. sementara indeks MSCI China naik 0,8 persen, naik untuk hari ketiga, kenaikan terpanjang dalam dua bulan terakhir. (izr)

Sumber: Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us