Emas Menguat seiring Fed Upayakan Segala Hal untuk Siapkan Pasar

Emas naik dari level terendah lima tahun seiring federal Wakil Ketua Fed Stanley Fischer mengatakan bahwa para pembuat kebijakan AS telah melakukan hal terbaik untuk mempersiapkan pasar internasional untuk kenaikan suku bunga pertama sejak 2006.

Bullion untuk pengiriman segera naik sebanyak 0,4 persen ke level $ 1,086.64 per ounce dan berada di level $ 1,085.72 pada pukul 2:13 siang waktu Singapura, menurut harga public Bloomberg. Harga naik 1,1 persen pada hari Kamis seiring melemahnya dolar. Minggu ini, logam naik 0,2 persen setelah jatuh pada hari Rabu ke level $ 1,064.55, level terendah sejak Februari 2010.

Investor bullion tertekan pada saat biaya pinjaman AS yang lebih tinggi cenderung mulai naik seiring ketidakmampuan logam membayar bunga. Bank sentral AS, yang telah mempertahankan suku mendekati nol sejak 2008, sedang memikirkan untuk melakukan kenaikan sebagai guna memperbaiki pasar kerja dan pejabat memperoleh keyakinan bahwa inflasi akan bergerak cepat ke target Fed yakni 2 persen. Pembuat kebijakan akan bertemu berikutnya pada 15-16 Desember

Kemungkinan suku bunga yang lebih tinggi pada akhir tahun yakni 68 persen, naik dari 50 persen pada akhir Oktober, data berjangka menunjukkan. Fischer mengatakan pada hari Kamis bajwa Fed telah "melakukan segala hal" yang bisa dilakukan untuk menghindari terkejutnya pasar dan pemerintah saat pergerakan. Spot perak dan platinum naik, dan paladium naik 1,7 persen.

Kepemilikan global dalam produk yang diperdagangkan di bursa yang didukung emas turun ke level 1,504.54 metrik ton pada hari Kamis, level terendah sejak Maret 2009, data yang dikumpulkan oleh Bloomberg menunjukkan.

Sumber: Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us