Pembelian dari bank sentral tambahkan sentimen emas hari ini - 27 May (13:55)

Rifan Financindo
Bloomberg, (27/5) - Emas naik, memperpanjang keuntungan setelah mencatat minggu terbaiknya dalam sebulan terakhir karena pembelian oleh bank sentral dan tanda-tanda peningkatan permintaan fisik yang masih dimbangi dengan outflow lanjutan dalam kepemilikan investasi emas oleh investor.

Spot emas naik sebanyak 0,5 persen menjadi $ 1,393.63 per ounce sebelum diperdagangkan di $ 1,392.65 pukul 13:42 di Singapura. Harga naik 2 persen selama pekan lalu pada spekulasi bahwa Federal Reserve AS akan mempertahankan pembelian aset dan aktivitas manufaktur China melambat.

Rusia dan Kazakhstan menambah cadangan emasnya untuk bulan ketujuh berturut-turut di bulan April lalu, ketika harga jatuh ke pasar bearish berdasarkan data dari Dana Moneter Internasional. Volume untuk kontrak acuan tunai di Gold Exchange Shanghai melonjak ke tiga minggu tertinggi pada 24 Mei lalu, sementara aset dalam produk yang diperdagangkan di bursa (ETP) emas turun untuk pekan ke-15 pada pekan lalu.

"Kami berharap tren pembelian dari bank sentral terus berlanjut, terutama di negara berkembang," kata Alexandra Knight, ekonom dari National Australia Bank Ltd di Melbourne. "Sementara harapan untuk harga yang lebih rendah pada akhir tahun, permintaan fisik, khususnya di Asia, telah sangat mendukung."

Emas kini 17 persen lebih rendah sejak awal tahun ini karena sebagian besar investor telah kehilangan kepercayaan terhadap logam sebagai penyimpan nilai sehingga mengurangi kepemilikannya di ETPs dan beralih ke aset berisiko termasuk ekuitas. Saham Asia turun untuk hari kelima pada hari ini setelah Presiden China, Xi Jinping mengisyaratkan toleransinya untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat. Pasar finansial di AS dan Inggris akan tertutup hari ini.

Bullion untuk pengiriman Agustus naik 0,3 persen menjadi $ 1,392.10 per ounce di Comex, New York.

Data IMF juga menunjukkan bahwa Turki, Belarus, Azerbaijan dan Yunani bergabung Rusia dan Kazakhstan dalam menambahkan cadangan emasnya bulan lalu, namun Meksiko dan Kanada mengurangi kepemilikan. Di China, volume pada emas tunai dengan kemurnian 99,99 naik menjadi 22.455 kilogram pada 24 Mei lalu, berbanding dengan 12.521 kilogram pada tanggal 23 Mei, menurut data dari website Gold Exchange Shanghai. (brc)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us