Pedagang emas menjadi lebih bearish sejak 2010 pasca kejatuhan akibat the Fed

Bloomberg, (21/6) - Pedagang emas menjadi lebih bearish sejak 3,5 tahun lalu setelah harga jatuh ke level terendah tahun 2010 mengikuti komentar Ketua Federal Reserve, Ben S. Bernanke mengisyaratkan pengurangan stimulus moneter tahun ini.

15 analis yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan harga akan turun minggu depan, dengan 6 memprediksi bullish dan 5 bersikap netral, porsi terbesar dari sentimen bearish sejak Januari 2010. Logam kuning merosot di bawah $ 1.300 per ounce untuk pertama kalinya sejak September 2010 kemarin. Investor menjual senilai 520,7 metrik ton dengan nilai sekitar $ 2.17 milyar dari exchange-traded product (ETP) berbasis emas tahun ini.

Emas telah naik sebanyak dua kali lipat sejak tahun 2008 sejak the Fed mengeluarkan program pelonggaran kuantitatif yang telah menyebabkan pembengkakan neraca bank sentral itu ke rekor $ 3.41 trilyun. Bernanke pada 19 Juni lalu mengatakan bahwa bank sentral mungkin akan mulai mengurangi pembelian obligasi senilai $ 85 secara bulanan tahun ini dan mengakhiri program tersebut pada pertengahan tahun 2014. Bullion sedang menuju penurunan tahunan pertama sejak tahun 2000 setelah investor kehilangan kepercayaan terhadap logam sebagai tempat penyimpan nilai. (brc)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us