Merokok dan Akibatnya ??


Merokok kenapa dilakukan?? sebagian orang yang sudah benar-benar kecanduan rokok akan mengabaikan efek yang akan ditimbulkan akibat merokok. Kandang orang bilang lebih baik tidak makan dari pada tidak merokok  kenapa ? karena efek narkotik dari nicotine yang dikandung rokok sudah memberikan efek yang cukup besar pada kondisi tubuh orang yang merokok.
Ada banyak alasan mengapa meroko berbahaya bagi kesehatan anda sendiri dan kesehatan keluarga anda seadainya anda mempunyai kebiasaan tersebut . Alasan-alasan tersebut adalah:
1. KANKER
Kebiasaan merokok akan meningkatkan resiko kanker pada paru-paru dan bibir. Semakin banyak anda merokok, semakin besar pula kemungkinan anda meninggal akibat kanker. Sayangilah disi anda jangan sampai terkena salah satu penyakit ini karena apabila anda sudah terkena kanker kemungkinan sembuhnya kurang.
2. BRONCHITIS
Kebiasaan merokok juga akan menyembabkan penyakit-penyakit yang berbahaya bagi paru-paru termasuk bronchitis yang menahun dan emphysema dan dapat menimbulkan kematian pada orang yang menderita keadaan ini atau menderita asma.
3. BOROK LAMBUNG
Dengan kebiasaan merokok juga akan mengakibatkan penyakit pada lambung ( Borok Lambung) atau akan memperparah orang yang sudah menderita penyakit tersebut.
4. PNEUMONIA
Anak-anak dari orang tua yang perokok lebih sering menderita Pneumonia dan penyakit pernapasan lainnya dibandingkan dengan anak-anak yang orang tuanya tidak merokok.

5. JANTUNG
Kebiasaan merokok yang paling berbahaya adalah akan memperbesar kemungkinan anda mendarita atau meninggal akibat penyakit jantung  atau penyakit pembuluh darah otak.
6. PERTUMBUHAN BAYI
Selain menakibatkan penyakit pada yang merokoknya , kebiasaan ini akan berpengaruh pada bayi yang dikandung atau yang dilahirkan dari seorang ibu yang mempunyai kebiasaan merokok. Pertumbuhan bayi yang dilahirkan oleh ibu yang perokok akan lebih kecil dan akan tumbuh lebih lambat dari pada bayi yang ibunya tidak merokok.
7. CONTOH YANG JELEK.
Apabila kita sebagai orang tua, guru atau petugas kesehatan janganlah memberi contoh yang jelek kepada anak kita , anak didik kita dan masyarakat dengan cara mempunyai kebiasaan merokok. Dengan mempunyai kebiasaan merokok anak kita, anak didik kita dan masyarakat akan melihat perilaku orang yang dijadikan guru atau panutannya dan akibatnya mereka pun akan ikut merokok. Lebih-lebih untuk petugas kesehatan masyarakat akan menilai diri kita dari kebiasaan merokok kita. Masa petugas Kesehatan Merokok?.
8. EKONOMI
Kebiasaan merokok akan membutuhkan uang untuk membelinya dan akibatnya akan terjadi pemborosan uang untuk hal yang tidak berguna. Kelihatannya uang yang dipakai untuk membeli rokok tidak berarti, tetapi jika dikumpulkan jumlahnya akan banyak. Di negara-negara berkembang lebih banyak uang yang dihabiskan penduduknya untuk membeli tembakau daripada uang yang diberikan oleh negara yang bagi penduduknya mempunyai program kesehatan. Seandainya uang yang digunakan untuk membeli tembakau dipakai untuk membeli makanan, maka anak-anak dan seluruh keluarga akan menjadi lebih sehat.
Melihat beberapa akibat yang ditimbulkan oleh rokok tersebut sebainnya kita sebagai masyarakat yang sudah mengetahui arti kesehatan untuk menghindarinya. Jangan sampai kita merasa menyesal setelah mendapatkan efek penyakit yang tidak baik tersebut.
SETIAP ORANG YANG MENARUH PERHATIAN PADA KESEHATAN ORANG LAIN HARUS TIDAK MEROKOK DAN HARUS MENGANJURKAN ORANG LAIN AGAR TIDAK MEROKOK.
Published in : Penyakit Umum, Umum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us