Jatuhnya Harga Emas Seiring Laporan Klaim Pengangguran Diharapkan Menurun

PT. RIFAN FINANCINDO BERJANGKA-Bloomberg (26/9) - Harga emas jatuh untuk kali keempat dalam lima sesi terakhir setelah laporan menunjukkan klaim pengangguran AS pekan lalu diharapkan turun, meningkatkan spekulasi bahwa Federal Reserve akan mengembalikkan  skala stimulus secepatnya.

Klaim pertama kali menurun untuk 305.000 pada mingguan yang berakhir tanggal 21 September, Departemen Tenaga Kerja mengatakan. Perkiraan rata-rata dari 49 ekonom yang disurvei Bloomberg menyerukan peningkatan menjadi 325.000. Ekonomi AS tumbuh pada kecepatan yang pesat di kuartal kedua, data pemerintah menunjukkan hal tersebut pada hari ini. Sebelumnya, emas naik sebanyak 0,3 persen seiring negosiasi anggaran AS yang berlarut-larut.

Emas berjangka untuk pengiriman bulan Desember turun 0,3 persen menjadi $ 1,331.70 per ounce pada pukul 9:45 pagi di Comex New York . Semenjak kemarin, harga emas turun 20 persen pada tahun ini.

Dua puluh empat dari 41 ekonom yang disurvei Bloomberg News pekan lalu mengatakan Fed akan kembali terhadap skala stimulus pada bulan Desember. Emas naik 70 persen dari akhir bulan Desember 2008 sampai Juni 2011 seiring Fed memompa lebih dari $ 2 triliun ke dalam sistem keuangan dengan pembelian utang.

Semenjak kemarin, logam naik 9,2 persen pada kuartal ketiga, sebagian besar terjadi akibat meningkatnya ketegangan antara AS dan Suriah serta permintaan untuk perhiasan dan koin melonjak setelah harga turun ke level terendahnya selam 34 bulan pada akhir bulan Juni. ( rk )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us