Emas bergerak menuju lima minggu tertinggi pada harapan stimulus the Fed

 
Singapura, Reuters ( 29/10 ) - Emas naik untuk sesi keempat pada hari Selasa, merayap mendekati lima minggu tertingginya karena melemahnya data ekonomi AS mendorong pandangan bahwa Federal Reserve untuk tetap mempertahankan langkah-langkah stimulusnya, meningkatkan daya tarik logam sebagai lindung nilai terhadap inflasi.

The Fed akan memulai pertemuan kebijakan selama dua hari pada hari Selasa di mana secara luas market memperkirakan konfirmasi untuk terus membeli obligasi dengan laju $ 85 milyar secara bulanan.

Harga emas telah jatuh hampir 20 persen pada tahun ini di tengah kekhawatiran bahwa the Fed bisa mulai tapering program stimulus moneternya tetapi pertempuran anggaran di Washington dan serangkaian data ekonomi yang lemah telah menimbulkan pertanyaan mengenai apakah bank sentral tersebut akan tetap menurunkan skala stimulusnya sehingga ini memberikan dorongan terhadap bullion.

'Sejalan dengan ekspektasi pasar, kita berpikir bahwa The Fed akan melanjutkan pelonggaran kuantitatif,' menurut Songwut Apirakkhit, managing director dari Globlex Holding Management di Bangkok. 'Namun, kami rasa ekspektasi tersebut telah terserap kedalam harga pasar dan emas siap untuk koreksi,' tambahnya. Dia masih memperkirakan emas untuk mengakhiri tahun di sekitar level saat ini.

Spot emas sempat naik 0,3 persen di $ 1,355.51 per ounce pada pukul 11:41 WIB. Harga telah memperoleh sekitar 8 persen sejak menandai level terendah dalam tiga bulan terakhir pada 15 Oktober lalu. Logam sebelumnya mencapai sesi tertinggi di $ 1,360.06 per ounce, tidak jauh dari puncak lima minggu di $ 1,361.60 yang tercatat di hari Senin lalu.

Output manufaktur AS hampir tidak naik pada bulan September dan kontrak untuk membeli rumah tangan kedua mencatat penurunan terbesarnya dalam hampir 3-1/2 tahun terakhir, tanda-tanda terbaru bahwa momentum ekonomi mulai surut pada akhir kuartal ketiga. Banyak ekonom percaya bahwa the Fed bisa melaksanakan tapering setidaknya awal tahun depan.

Meskipun prolog dari uang mudah dapat terus mendukung emas, namun permintaan fisik bisa terpukul karena karena harga yang lebih tinggi. Permintaan di Asia tetap tenang untuk sementara waktu ini. Analis ANZ dalam sebuah catatan mengatakan bahwa 'Kami melihat logam overbought di atas $ 1,340 di belakang melemahnya permintaan dari China dan kelanjutan aksi jual di ETF.'(brc)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us