Kisaran Emas Dekati 5 Pekan Tertinggi dibayangi Rapat kebijakanThe Fed

SINGAPORE (28/10) - Reuters – Komoditi emas berkisar mendekati lima pekan tertinggi dihari Senin seiring dengan taruhan para trader bahwa the Fed akan tetap pada acuan stimulus bullion-friendly pada rapat kebijakan yang dijadwalkan nanti di minggu ini.

Tahun ini bullion jatuh hampir 20% seiring dengan investor yang melepaskan kepemilikan emas untuk market saham dengan performa yang lebih baik dan pada kecemasan bahwa akhir dari easy money dari bank sentral A.S akan meredupkan daya tarik lindung nilai logam berharga tersebut terhadap inflasi.

Bagaimanapun juga selama dua pekan terakhir, emas telah gain sekitar 6% seiring dengan data A.S yang lemah dan perang anggaran di Washington terlihat siap untuk mencegah the Fed dari pertimbangan ulang pembelian asetnya.

Spot emas turun 0.2% dilevel harga $1,349.96 per ons pada jam 06.28 GMT, sementara dihari Jumat kemarin logam tersebut telah mencapai level $1,355.20, yang tertinggi sejak 20 September bulan lalu.

Komite pengaturan kebijakan the Fed akan merilis sebuah pernyataan pada keputusannya dihari Rabu pada akhir dari dua hari pertemuannya.

Kemungkinan bank sentral tidak akan membuat pergeseran apapun dalam kebijakan moneter dipekan ini dan akan melanjutkan untuk kembali membeli obligasi pada tingkat bulanan sebesar $85 Milyar seiring menunggu lebih banyak bukti pada seberapa parahnya perang anggaran di Washington telah mempengaruhi kondisi ekonomi.

Para trader juga mengamati secara dekat terhadap demand fisik di Asia, yang merupakan konsumen emas terbesar, dimana demand telah menjadi melemah mengikuti sebuah ketergesaan besar sebelumnya ditahun ini.

Premium di India telah melonjak ke rekor tertinggi dilevel $130 per ons pekan lalu seiring larangan pemerintahan pada impor emas yang telah menekan supply selama puncak musim liburan.

India, tempat dimana emas dianggap pertanda baik dan dibeli selama pernikahan dan juga festival perayaan Diwali dan Dhanteras pada awal November.

Sementara di China, premium pada Shanghai Gold Exchange jatuh kedalam wilayah negatif dihari Senin meski setelah itu pulih ke kisaran $1 per ons, premium berada setinggi level $30 dibulan April-Mei.(tito)

http://www.reuters.com/article/2013/10/28/markets-precious-idUSL3N0II0G320131028

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us