Sentimen Data Pekerjaan AS, Saham Eropa Rebound Dari 7 Pekan Terendahnya

          Bloomberg (07/12) – Saham-saham Eropa naik, mengakhiri penurunan selama lima hari berturut-turut dan rebound dari level terendahnya sejak tanggal 14 Oktober, pasca laporan pekerjaan AS menunjukkan perusahaan-perusahaan mengalami penambahan jumlah tenaga kerja dari yang diperkirakan sebelumnya pada bulan November.

Berkeley Group Holdings Plc melonjak ke level tertingginya sejak level harga berada pada 1989 pasca menyatakan bahwa laba pada semester pertama naik sebesar 22%. London Stock Exchange Group Plc naik 2.8% pasca Bank of America Corp.’s Merrill Lynch merekomendasikan membeli saham. Givaudan SA turun 2.1% pasca Nestle SA menyatakan bahwa perusahaan akan menjual sahamnya sebesar $1.27 miliar.

Indeks Stoxx Europe 600 naik 0.7%, kenaikan tajam sejak tanggal 14 November, pada level 316.50 saat sesi penutupan di London. Indeks acuan tersebut mengalami penurunan sebesar 2.7% pada pekan ini. Indeks tersebut masih rally sebesar 13% di tahun 2013 sejalan dengan bank sentral dibelahan dunia berkomitmen untuk mempertahankan tingkat suku bunga yang rendah untuk periode waktu yang lama.

Laporan Departemen Tenaga Kerja AS di Washington menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan AS megalami kenaikan jumlah tenaga kerja sebesar 203,000 pekerja pada bulan lalu mengikuti revisi kenaikan sebesar 200,000 di bulan Oktober, kenaikan tertinggi sejak bulan Februari-Maret. Estimasi ekonom rata-rata di survei Bloomberg menyebutkan adanya kenaikan sebesar 185,000. Tingkat pengganguran turun sebesar 7% di bulan November, yang merupakan level lima tahun terendahnya. Para ekonom telah memperkirakan bahwa tingkat pengangguran akan turun sebesar 7.2%. (bgs)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us