Emas Jatuh ke Level 2 Minggu Terendahnya

Reuters (23/01) - Emas jatuh ke level terendahnya dalam hampir dua minggu terakhir pada hari Kamis seiring dengan investor menunggu data AS untuk mengukur kekuatan ekonomi, sementara platinum turun dari ke 2-1/2 bulannya menjelang aksi mogok yang direncanakan di pertambangan South Afrika.
Spot emas turun 0,3 persen menjadi $ 1,232.89 per ons pada 07:28 WIB, yang sebelumnya mencapai level $1,232.19, level terendahnya sejak 10 Januari.

Platinum turun dari level 2-1/2 bulan tertingginya pada Senin di karenakan setengah dari produksi platinum dunia diperkirakan akan terhenti pada Kamis seiring dengan Asosiasi garis keras Afrika Selatan dari penambang dan Konstruksi Union bersumpah untuk terus melakukan aksi mogok sampai haknya dibayar.

Sebuah pengadilan Afrika Selatan memerintahkan serikat AMCU untuk menangguhkan rencana pemogokan di sektor emas tertunda akibat keputusan tentang apakah tindakan itu legal, Chamber of Mines mengatakan.

Barrick Gold Corp mengatakan telah setuju untuk menjual tambang emas Kanowna di Australia Barat untuk Northern Star Resources Ltd sebesar AUS$ 75.000.000 ($ 66.400.000), sebagai bagian dari langkah untuk menjual aset non-inti dan fokus pada biaya tambang yang lebih rendah.

SPDR Gold Trust, perdagangan berbasis emas terbesar di dunia, mengatakan kepemilikan sahamnya jatuh 1,20 ton menjadi 795,85 ton pada hari Rabu. (izr)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us