Emas Naik ke Dua Bulan Tinggi Setelah Permintaan Haven Meningkatkan

Emas rally ke level dua bulan tertinggi, memperpanjang keuntungan mingguan terpanjang sejak September 2012, setelah kekalahan dalam aset pasar berkembang memicu permintaan untuk safe haven.

Bullion untuk pengiriman segera naik sebanyak 0,8 persen menjadi $ 1,279.61 per ons, level tertinggi sejak 18 November, dan diperdagangkan di $ 1,275.08 pada pukul 08:25 pagi di Singapura. Logam ini naik untuk hari ketiga setelah naik untuk minggu kelima pada pekan lalu karena saham dan mata uang dari Turki hingga Argentina merosot.

Devaluasi Peso Argentina pada minggu lalu memicu kekhawatiran investor atas pasar negara berkembang dan mengikuti data yang menandakan perlambatan manufaktur di China. Emas telah rebound dari enam bulan terendah pada 31 Desember setelah tanda-tanda peningkatan permintaan fisik di Asia dimentahkan ekspektasi bahwa Federal Reserve AS akan terus mengurangi program pembelian obligasinya.

Di China, yang mungkin menyusul India sebagai konsumen terbesar pada tahun lalu, volume untuk acuan kontrak di Shanghai Gold Exchange melebihi rata-rata kuartal keempat harian sekitar 11.525 kilogram setiap hari sejak 6 Januari.

Para pembuat kebijakan the Fed bertemu pada 28-29 Januari mendatang setelah memutuskan pada bulan Desember untuk memotong pembelian obligasi bulanan karena ekonomi AS yang membaik, membantu untuk memangkas pergerakan bullish emas dalam 12 tahun terakhir. Federal Open Market Committee (FOMC) akan mengurangi pembelian aset sebesar $ 10 miliar pada setiap pertemuan untuk mengakhiri program pada tahun ini, menurut perkiraan rata-rata ekonom dalam survei Bloomberg.(frk)

Sumber : Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us