Keuntungan Mingguan Terpanjang Emas Sejak September '12

Emas berjangka menandai keuntungan mingguan terpanjang dalam 16 bulan terakhir karena penurunan ekuitas global yang mendorong permintaan untuk logam sebagai alternatif investasi.

Indeks saham MSCI All- Country World merosot sejak bulan Juni di tengah kekhawatiran bahwa pertumbuhan ekonomi di China mereda setelah indeks manufaktur secara tak terduga dikontrak dan regulator perbankan nasional memerintahkan kantor regional untuk meningkatkan pengawasan risiko kredit di industri pertambangan batu bara.

Emas berjangka untuk pengiriman April naik 0,2 persen untuk menetap di $ 1,264.50 per ons pada pukul 1:46 siang di Comex New York. Minggu ini, harga emas naik 1 persen, gain kelima berturut-turut dan reli terpanjang sejak September 2012 yang lalu. Sebelumnya, logam mencapai $ 1,273.20, tertinggi untuk kontrak teraktif sejak 20 November.

Bulan ini, emas telah melonjak 5,2 persen terhadap meningkatnya permintaan untuk koin, bar dan perhiasan di negara-negara termasuk China.

Tahun lalu, emas anjlok 28 persen, terbesar sejak 1981, di tengah reli ekuitas AS menuju rekornya dan spekulasi bahwa Federal Reserve akan kembali menskala kembali stimulus moneternya.

Perak berjangka untuk pengiriman Maret tergelincir 1,2 persen menjadi $ 19,765 per ons.

Platinum berjangka untuk pengiriman April turun 2,4 persen menjadi $ 1,428.60 per ons di New York Mercantile Exchange, penurunan terbesar sejak 20 September.

Palladium berjangka untuk pengiriman Maret turun 1,5 persen menjadi $ 734,80 per ons, kerugian terbesar sejak 17 Desember.

Pemogokan di tambang platinum - Afrika Selatan telah melumpuhkan tiga produsen logam terbesar dunia untuk hari kedua karena pembicaraan untuk menyelesaikan sengketa upah berakhir sampai tanggal 27 Januari mendatang.(frk)

Sumber : Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us