Saham Eropa Jatuh Terkait Mundurnya Mata Uang Emerging-Market

Saham Eropa turun tajam sejak bulan Juni, memperpanjang penurunan mingguannya pada indeks Stoxx Europe 600, terkait para investor menilai jatuhnya dalam mata uang emerging market di tengah kekhawatiran tapering The Fed yang akan merugikan pertumbuhan.
Banco Bilbao Vizcaya Argentaria SA turun sebanyak 5,1 persen terkait kekhawatiran investor bahwa eksposur ke Turki dan Argentina akan merugikan pendapatan. Novartis AG kehilangan 3 persen setelah gagal untuk memenangkan dukungan dari penasehat Eropa untuk jenis pengobatan Serelaxin yang ditujukan  untuk penyakit gagal jantung yang akut. Aberdeen Asset Management Plc merosot 5,7 persen karena Morgan Stanley merekomendasikan menjual saham. Celesio AG naik 3,7 persen karena McKesson Corp sepakat untuk membeli mayoritas pemilik Franz Haniel & Cie 's holding dalam perusahaan tesebut.
Indeks Stoxx 600 turun sebanyak 2,4 persen ke level 324,75 pada penutupan perdagangan, kerugian mingguan sebesar 3,3 persen. Saham emerging market memperpanjang penurunan mingguannya hari ini seiringi mata uang dari negara-negara pengekspor komoditas yang bergantung pada permintaan di Cina merosot tajam dalam lima tahun terakhir.(yds)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us