Ekonomi AS Lesu, Emas Berjangka Naik Ke Level 17 Pekan Tertingginya

Emas berjangka naik ke level 17 pekan tertingginya terkait spekulasi bahwa penurunan ekonomi AS akan mendorong permintaan akan logam sebagai alternatif investasi.

Kepercayaan konsumen AS turun dari yang diperkirakan sebelumnya di bulan Februari dari Januari lalu, menurut laporan dari indeks Conference Board yang berbasis di New York pada hari ini. Harga rumah naik pada laju terendahnya selama 12 bulan terakhir di bulan Desember tahun lalu, menurut sebuah laporan terpisah. Menteri keuangan Rusia menyatakan bahwa Ukraina menghadapi default terkait utang negaranya. Sementara itu emas telah catat gain 12% sejauh ini.

Emas berjangka untuk pengiriman bulan April naik 0.4% ke level penyelesaian $1,342.70 per ounce pukul 1:48 siang di Comex, New York. Pada perdagangan pagi hari emas mencapai level $1,343.60, level tertinggi sejak tanggal 31 Oktober tahun lalu.

Pada bulan ini, emas telah melonjak sebesar 8.3%, menacatat gain bulanan tertingginya dalam 2 tahun terakhir dan kenaikan pertama kalinya secara berturut-turut sejak Agustus tahun lalu. Logam mengalami reli meskipun Federal Reserve telah mengurangi program pembelian obligasi sebesar $10 miliar per bulan yang jumlah pembeliannya menjadi $65 miliar di Januari dan Februari.

Emas melonjak 70% dari Desember 2008 hingga Juni 2011 akibat bank sentral telah menggelontorkan dana lebih dari $2 triliun ke dalam sistem keuangannya. (bgs)

Sumber : Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us