Tiga alasan kenapa harga emas masih coba naik

Emas naik ke level tertinggi tiga bulan di bagian belakang komentar Ketua Fed baru, Janet Yellen. Setelah menembus area resistance kunci di 1.270 beberapa hari yang lalu, sekarang diperdagangkan dengan nyaman atas rata-rata moving average 100-hari. Namun, Kepala Strategist Komoditi dari Saxo Bank of Commodity, Ole Hansen, mempunyai peringatan agar jangan terlalu larut dalam situasi.

Ada tiga alasan utama untuk ayunan naik (upswing) emas tahun ini, menurut Ole :
Yang utama adalah kekhawatiran tentang ekonomi AS setelah dua bulan berturut-turut data ekonomi memberikan kekecewaan. Ia juga menggarisbawahi tentang permintaan dari China dengan mengatakan bahwa ada "investor-investor cerdas" yang mengambil keuntungan dari trend turun harga yang kita lihat pada tahun 2013. Dolar yang umumnya lemah juga telah membantu apresiasi harga emas.

Ole mengatakan bahwa sekarang kita focus ke moving average 200-hari. Jika harga bisa mencapai puncak 1.307, artinya dikoreksi setengah atas aksi sell-off sejak Oktober 2013 telah diselesaikan. Ini sangat memberikan kemungkin atas potensi keuntungan lebih untuk datang.

Namun, berhati-hatilah terhadap bahaya yang mengintai. Karena pergerakan keatas yang telah terjadi tidak terlalu "eksplosif", maka jika harga jatuh kembali ke 1.270, mungkin ada banyak kekecewaan dan orang-orang yang telah mengambil posisi beli bisa saja keluar lebih cepat. (brc)

Sumber : Tradingfloor

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us