Permintaan Haven Tingkatkan Harga Emas

Emas menuju kenaikan pertama back- to-back bulanan sejak Agustus ditengah kekhawatiran bahwa pemulihan ekonomi AS mungkin mulai kehilangan momentumnya dan gejolak di pasar negara berkembang mendorong permintaan haven. Aset dalam produk reksadana berbasis bullion terbesar yang diperdagangkan di bursa siap kenaikan bulanan pertama dalam 14 bulan terakhir.

Bullion untuk pengiriman segera berada di $ 1,332.61 per ons pada pukul 9:26 di Singapura dari posisi $ 1,331.33 kemarin. Harga mencatat kenaikan sebesar 7 persen bulan ini dan mencapai level tertinggi 17-minggu di $ 1,345.46 pada 26 Februari kemarin. Kepemilikan pada ETPs naik 0,3 persen pada Februari setelah turun pada tahun lalu untuk pertama kalinya sejak produk tersebut pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Bullion naik 11 persen tahun ini pasca rilis beberapa data ekonomi AS yang meleset dari perkiraan, termasuk laporan output pabrikan dan penjualan ritel yang menambah kekhawatiran bahwa pemulihan mungkin mulai goyah seiring Federal Reserve yang memangkas pembelian obligasi.(frk)

Sumber : Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us